Kelompok Masyarakat, Buruh hingga Petani di Jawa Barat Kompak Perkuat Jaringan Kawal Kemenangan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024 - BERITA JOGJA

Sabtu, 28 Oktober 2023

Kelompok Masyarakat, Buruh hingga Petani di Jawa Barat Kompak Perkuat Jaringan Kawal Kemenangan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

Benny Syahputra)*

Mulai dari masyarakat, tokoh masyarakat serta para buruh hingga pera petani di Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus kompak untuk semakin memperkuat konsolidasi dan terus membentuk jaringan demi mengawal kemenangan pasangan Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024 mendatang.

Para sukarelawan yang tergabung ke dalam Relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) menyambangi para buruh dan juga pihak manajemen perusahaan dalam program mereka bertajuk ‘Goes to Pabrik’. Hal tersebut merupakan program kelanjutan dari adanya pembentukan struktur pemenangan tingkat perusahaan yang telah dilakukan sebelumnya.

Diketahui bahwa GBB melakukan kunjungan pada sebuah perusahaan garmen yang sudah merambah ke pasar hingga mancanegara, yakni PT Lestari Busana Anggun Mahkota di Desa Wanakerta, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pada kunjungan tersebut, mereka mengapa dan mengarkan bagaimana keluh kesah yang dimiliki oleh para buruh, kemudian kedatangan GBB itu juga disambut dengan penuh rasa antusiasme luar biasa.

Secara sangat kompak para buruh beserta HRD dari perusahaan itu mengenakan kaos putih bergaris lurus dengan wajah Ganjar Pranowo sebagai simbolisasi terhadap dukungan yang mereka berikan. Ketua Umum GBB, Lukman Hakim mengaku bahwa kedarirannya itu juga dalam rangka untuk memfasilitasi para buruh untuk memberikan dukungan pada Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) beserta koalisinya.

Selain itu, Lukman Hakim juga menjelaskan bahwa degan adanya kunjungan ke berbagai pabrik maka semakin mampu untuk terus memperkuat jaringan konsolidasi dukungan dari kaum buruh dan juga pihak perusahaan untuk mengawal kemenangan pasangan duet Ganjar-Mahfud.

Sebagai informasi bahwa secara keseluruhan, GBB sendiri telah menjalin kerja sama dengan sebanyak 314 perusahaan dari berbagai wilayah di Tanah Air, mulai dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten bahkan hingga ke Aceh untuk bisa membentuk struktur pemenangan bagi Ganjar Pranowo dan juga Mahfud MD.
Tentunya sangat derasnya dukungan yang diberikan oleh para buruh dan juga pihak perusahaan kepada kedua pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Republik Indonesia (Cawapres RI) itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, mereka berdua memang memiliki komitmen yang sangat kuat untuk bisa menyejahterakan kaum buruh di Tanah Air melalui salah satu misi yang mereka punyai, yuakni pada percepatan pembangunan ekonomi nasional.

Kesejahteraan dari para buruh sendiri akan dilakukan dengan adanya percepatan lewat program aksi 12 juta hunian baru atau renovasi seperti rumah sederhana, rusunawa, rusunami yang disertai pula dengan adanya ketersediaan lahan strategis dan juga terjangkau dari pusat perekonomian serta transportasi umum.

Di sisi lain, pasangan duet Ganjar-Mahfud juga sangat memiliki tekad yang kuat untuk semakin meningkatkan kesejahteraan kaum buruh serta para pekerja melalui pemberian kesempatan kerja secara prosuktif, pekerjaan yang layak hingga adanya perlindungan ketenagakerjaan.

Selain itu, terdapat pula program akan peningkatan penyerapan tenaga kerja, yang kemudian sangat terkait dengan visi serta misi yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo mengenai upaya hilirisasi ekonomi, hilirisasi industri, industrialisasi nasional 5.0 yang seluruhnya dapat terus meningkatkan penyerapan tenaga kerja di Tanah Air.

Sementara itu, bukan hanya dari pihak para buruh saja, namun dukungan sangat deras juga datang dari para petani tebu yang tergabung ke dalam Petani Tebu Bersatu (Petebu) Jawa Barat bersama dengan masyarakat di Kabupaten Ciamis. Mereka semuanya menyatakan kesiapannya untuk bisa mengawal penuh kemenangan dari pasangan Capres Cawapres yang diusung oleh PDI Perjuangan beserta koalisinya pada kontestasi politik dan pesta demokrasi 2024 mendatang.

Sekjen DPP Petebu Dukung Ganjar, Amrozi Amenen menyampaikan deklarasinya yang juga deklarasi tersebut diikuti oleh banyak tokoh masyarakat setempat. Menurutnya, dukungan tersebut datang dari masyarakat Ciamis lantaran mereka menilai bahwa pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mengusung visi menuju ‘Indonesia Unggul’.

Tidak cukup sampai di sana, namun seluruh pihak menilai bahwa memang pasangan tersebut merupakan pemimpin yang paling ideal untuk bisa memimpin bangsa di masa mendatang lantaran pengalamannya yang sangat banyak, termasuk pada trias politika seperti pernah menjabat sebagai eksekutif, legislatif, bahkan hingga yudikatif. Maka sudah sangat jelas bahwa duet itu mampu menyelesaikan berbagai macam persoalan di masyarakat.

Di sisi lain, Srikandi Gema Perjuangan Maharani Nusantara (GPMN) telah dibentuk. Dukungan kalangan ibu-ibu atau emak-emak di Provinsi Jawa Barat (Jabar) serta seluruh masyarakat di akar rumput menjadi semakin solid untuk kemenangan Ganjar-Mahfud. Pasalnya, memang dengan berdirinya Srikandi GPMN itu dimaksudkan untuk bisa mendukung penuh pasangan Capres dan Cawapres yang diusung oleh PDI Perjuangan tersebut dan juga menampung suara akar rumput dari berbagai daerah.

Ketua Umum GPMN, Daddy Palgunandi mengungkapkan bahwa pihaknya sangat optimis bisa memberikan kontribusi signifikan kepada pasangan duet Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Acara ini untuk memaksimalkan suara ibu-ibu atau emak-emak di berbagai daerah khususnya di Jawa Barat dan Banten. Semoga GPMN bisa mengakomodir suara untuk pemenangan Pak Ganjar Pranowo,” katanya.

Mereka semua mengaku bahwa pasangan Ganjar-Mahfud merupakan pasangan pemimpin harapan masyarakat yang bisa semakin membawa Indonesia untuk unggul bahkan di berbagai sektor dan bidang kehidupan serta mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat ke depanya.

Maka dari itu, pada pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang, seluruh pihak sangat kompak untuk terus memperkuat adanya jaringan pemenangan bagi pasangan Ganjar-Mahfud, bahkan datang dari seluruh masyarakat beserta tokoh masyarakat setempat hingga dari para buruh dan juga para petani di Provinsi Jawa Barat.

)* Penulis adalah kontributor Forum Literasi Kota Padang

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda