Relawan Sumbar Gencarkan Sosialisasi Ganjar-Mahfud di Solok - BERITA JOGJA

Rabu, 22 November 2023

Relawan Sumbar Gencarkan Sosialisasi Ganjar-Mahfud di Solok

Oleh : Rizal Hakim )*

Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung ke dalam kelompok Mak Ganjar di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggencarkan sosialisasi di Kabupaten Solok dengan membagikan bibit pohon mangga secara gratis.

Pembagian bibit pohon mangga gratis tersebut diberikan kepada warga Saok Laweh, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Terkait dengan adanya pembagian bibit tersebut, Koordinator Wilayah (Korwil) Mak Ganjar Sumbar, Ulfa mengatakan bahwa pihaknya kembali terus menebarkan kebaikan dan juga melakukan berbagai macam kegiatan yang sangat bermanfaat kepada masyarakat secara luas, khususnya di Tanah Minang.

Bukan hanya sekedar membagikan bibit pohon mangga saja, melainkan pihaknya juga melakukan edukasi mengenai bagaimana caranya untuk merawat bibit pohon mangga sekaligus juga memberikannya kepada masyarakat. Adanya kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya ketahanan yang terus digeliatkan oleh para sukarelawan Ganjar Pranowo dengan menyulap atau mengubah pekarangan rumah warga menjadi lahan hijau.

Pasalnya, memang di Kabupaten Solok sendiri masih banyak terdapat lahan, bahkan pekarangan dari rumah warga pun sebenarnya bisa ditumbuhi dengan tanaman. Maka dari itu, karena terdapat lahan yang luas, maka akan mampu menunjang untuk bibit pohon buah mangga agar dapat tumbuh dengan baik.

Pemilihan bibit pohon buang mangga yang diberikan oleh para sukarelawan Mak Ganjar kepada warga tersebut dikarenakan beberapa faktor. Hal tersebut dikarenakan bibit pohon mangga sendiri cukup mudah untuk dibudidayakan dan bisa dikatakan banyak disukai oleh kalangan masyarakat luas.

Selain itu, tanaman tersebut juga tergolong mudah untuk ditanam meski memiliki lahan di pekarangan rumah pun, mangga akan tetap tumbuh dengan baik. Jelas kemudian bagaimana kegiatan yang sangat positif dilakukan oleh kaum emak-emak pendukung Ganjar Pranowo tersebut mendapatkan sambutan yang sangat baik dari masyarakat sekitar.

Sambutan sangat baik dari warga setempat itu dilihat dari bagaimana mereka banyak sekali menghadiri kegiatan tersebut. Banyak diantara masyarakat yang sangat memperhatikan pemaparan relawan Mak Ganjar terkait dengan cara membudidayakan pohon mangga itu.

Adanya kegiatan positif di tengah masyarakat Sumatera Barat tersebut merupakan ajang dilaturahmi sekaligus juga upaya untuk semakin memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Republik Indonesia 2024 kepada masyarakat di akar rumput.

Para sukarelawan dari mantan Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama dua periode atau sepuluh tahun masa bakti itu memang terus menggencarkan banyak sekali kegiatan yang positif di tengah masyarakat Tanah Minang. Bukan hanya dari kalangan emak-emak, namun para relawan juga datang dari berbagai macam kalangan latar belakang seperti halnya para pemuda.

Sebelumnya, sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung ke dalam Orang Muda Ganjar (OMG) Sumatera Barat juga terus berupaya untuk menebarkan banyak kegiatan positif di tengah masyarakat. mereka mengadakan penanaman ratusan bibit mangrove bersama dengan warga di Talao Apar Pantai Penyu, Sumbar.

Terkait hal tersebut, Koordinator Wilayah (Korwil) OMG Sumbar, Muhammad Fajri menjelaskan bahwa pihaknya berkegiatan menanam hingga ratusan bibit mangrove bertujuan untuk bisa membentengi pantai. Menurutnya, kegiatan tersebut juga dalam rangka untuk bisa membantu menjaga ekosistem di sekitar Talai Apar Pantai Penyu, yang mana diharapkan pula supaya wilayah itu tidak terjadi pengikisan tanah atau abrasi.

Selain itu, dengan adanya kegiatan penanaman ratusan bibit mangrove juga berguna untuk memperbaiki ekosistem mangrove di sana. Sebagai informasi bahwa mangrove sendiri merupakan jenis tumbuhan pantai yang memang secara spesifik tumbuh subur di sepanjang pantai dengan iklim tropis dan sub tropis seperti di Indonesia. Bukan hanya itu, namun tanaman mangrove sendiri mampu melindungi pantai agar tidak terkikis abrasi dengan ,membentuk formasi.

Mangrove memang memiliki nilai ekologis yang cukup besar sebagai barrier untuk menjaga kestabilan daerah pesisir pantai dari adanya abrasi dan juga mampu berpengan dalam mengurangi global warming atau pemanasan global. Terlebih, dengan adanya kegiatan penanaman ratusan bibit mangrove yang dilakukan oleh sukarelawan Ganjar Pranowo tersebut dalam rangka untuk semakin menumbuhkan kepedulian masyarakat di Kota Pariaman agar selalu menjaga lingkungan mereka.

Upaya untuk menumbuhkan kepedulian dari para pemuda dan utamanya adalah masyarakat sekitar secara umum memang merupakan hal yang sangat baik karena semakin mengingatkan bagaimana pentingnya menjaga lingkungan.

Bagaimana kegiatan yang digagas oleh OMG Sumbar tersebut ternyata juga berhasil mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat setempat. Terlebih, karena warga juga bisa merasakan dampak yang luar biasa terhadap perbaikan lingkungan mereka.

Terinspirasi dari bagaimana sosok pasangan Ganjar-Mahfud yang merupakan pemimpin masa depan dan sangat peduli pada ekosistem lingkungan hidup, tidak mengherankan mengapa para sukarelawan di Sumatera Barat terus bergerak dalam menyosialisasikan paslon nomor urut tiga itu dengan banyak kegiatan bermanfaat bagi warga, khususnya yang berkaitan dengan lingkungan.

)* Penulis adalah kontributor Forum Literasi Solok

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda