Mahfud MD Sepakat dengan Ganjar Berkomitmen Tangani dan Tuntaskan Masalah Hukum - BERITA JOGJA

Kamis, 02 November 2023

Mahfud MD Sepakat dengan Ganjar Berkomitmen Tangani dan Tuntaskan Masalah Hukum

JAKARTA — Bukan sekedar menjadi formalitas belaka, Cawapres Mahfud MD sudah menjalin kesepakatan dengan Capres Ganjar Pranowo akan menangani dan mampu menuntaskan seluruh permasalahan hukum di Indonesia.

Dirinya juga telah memiliki komitmen yang sangat kuat untuk bisa melakukan reformasi hukum apabila terpilih pada Pilpres 2024 mendatang.

Menurut mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut, memang perbaikan pada hukum merupakan sepenuhnya menjadi kewenangan dari Presiden, maka dari itu dirinya dengan lantang meminta izin untuk bisa ikut dalam penanganannya.

"Saya sudah bersepakat dengan Mas Ganjar semua masalah hukum, akses, untuk ikut menangani tidak formalitas," kata Mahfud.

"Saya dengan Mas Ganjar ini urusannya presiden. Tapi nanti presiden menyerahkannya ke saya. Jadi, bukan formalitas," imbuhnya.

Pria kelahiran Sampang Madura itu kemudian menegaskan bahwa dirinya dengan pasangannya sudah saling mengenal sejak lama serta memiliki kecocokan dan tidak saling egois untuk memperebutkan sesuatu.

"Dan kami tidak pernah punya egois, berebutan, saling ndak suka, lalu menghindar, enggak. Bersama aja. Ndak akan rebutan. Tidak akan menghindar," kata Mahfud.

Kemudian, Ganjar Pranowo sendiri terus menekankan bagaimana pentingnya agenda penegakan hukum dalam seluruh program yang akan mereka jalankan.

Menurut pemimpin berambut putih itu, agenda reformasi yang penting untuk segera dilaksanakan adalah terkait dengan penegakan hukum serta gerakan anti korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

"Hari ini agenda itu (penegakan hukum) menjadi begitu penting, karena begitu banyaknya masyarakat mempertanyakan salah satu agenda reformasi yaitu penegakan hukum, yaitu anti KKN, maka pemerintah mesti serius betul mengurusi ini," kata Ganjar.

"Kami diskusi panjang dengan Pak Mahfud soal ini (penegakan hukum) agar secara kelembagaan, sistem yang sudah baik segera bisa dilaksanakan, maka regulasi yang sudah mengatur dengan ketat," tambahnya.

Sementara itu, Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing menganggap bahwa pasangan Ganjar-Mahfud akan mampu membawa angin segar bagi datangnya para investor ke Tanah Air.

Pasalnya, duet tersebut diyakini akan bisa memberikan kepastian hukum pada sektor investasi di Indonesia.

Bagaimana rekam jejak yang dimiliki oleh Mahfud MD sendiri, termasuk tatkala dirinya menjabat sebagai Menko Polhukam sampai saat ini, jelas merupakan indikasi bahwa sosoknya merupakan seorang yang memiliki kapabilitas.

Beberapa kendala akan investasi di Indonesia memang masih sering terjadi seperti pada sistem perizinan yang rumit hingga adanya pemerasan oleh pejabat korup.

"Kalau dilihat rekam jejaknya tentu dia akan lakukan. Dia adalah tokoh dan sosok yang tangguh di penegakan hukum. Saya memberi saran kepada investor itu masuk ke Indonesia bila Ganjar-Mahfud terpilih. Ini kesempatan pengusaha," ucap Emrus.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda