Relawan dan Parpol Pengusung di Jawa Barat Antusias dan Optimis Ganjar-Mahfud Menang - BERITA JOGJA

Minggu, 29 Oktober 2023

Relawan dan Parpol Pengusung di Jawa Barat Antusias dan Optimis Ganjar-Mahfud Menang

Oleh : Abdul Ibrahim Piliang)*

Seluruh relawan hingga partai politik (Parpol) pengusung Ganjar Pranowo – Mahfud MD, khususnya di Provinsi Jawa Barat sama sekali tidak terpengaruh dengan dinamika politik yang terjadi belakangan di bangsa ini. Mereka tetap sangat antusias dan optimis bahwa pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan mampu memenangkan Pilpres 2024.

Relawan Buruh Sahabat Ganjar (Saga) di Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyebutkan bahwa mereka semua sama sekali tidak terpengaruh dengan dinamika politik yang terus terjadi selama masa berlangsungnya seluruh proses rangkaian Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang. Termasuk, salah satunya dengan dijadikannya Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebagai Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) dari Prabowo Subianto. Bahkan seluruh relawan tersebut tetap optimis bahwa pasangan duet Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD mampu memenangkan kontestasi politik itu.

Mengenai optimisme kelompok sukarelawan tersebut, Ketua Relawan Buruh Sahabat Ganjar Jawa Barat, Kiki Permana menjelaskan bahwa dinamika politik yang terjadi sama sekali bukan menjadi halangan bagi mereka karena secara keseluruhan sudah sangat jelas pasangan duet yang mereka dukung mampu unggul.

Alih-alih khawatir, justru sebaliknya, mereka menilai bahwa dengan merapatnya Gibran Rakabuming Raka ke kubu Prabowo Subianto menjadi Bacawapres akan sangat menguntungkan untuk pasangan Ganjar-Mahfud. Pasalnya, adanya keputusan tersebut jelas sekali membuka tabir rencana dinasti politik yang sedang dibangun oleh Presiden Joko Widodo saat ini, yang mana dirinya merupakan ayah kandung dari sosok Gibran.

Terlebih, seluruh masyarakat di Indonesia sendiri juga sudah sangat pandai dan berpengalaman serta mampu menilai bahwa jika terjadi politik dinasti, jelas merupakan hal yang sangat tidak disukai dan tidak diharapkan oleh segenap elemen rakyat di Tanah Air. Maka dari itu dengan adanya pengusungan Gibran justru membuat para relawan Ganjar merasa senang-senang saja karena masyarakat secara luas mampu menilai dan melihat yang dipertontonkan oleh pemerintah kini.

Dengan adanya politik dinasti tersebut, maka seluruh Relawan Buruh Sahabat Ganjar di Jawa Barat sangat yakin kalau masyarakat yang semula menggemari Joko Widodo dan Gibran jelas akan terpecah dan kemudian beralih dukungan ke pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Jika melihat secara objektif pun tanpa melibatkan adanya isu dinasti politik tersebut, sudah sangat jelas pula bahwa sosok Gibran dari sisi usia juga masih sangat muda dan sama sekali belum bisa dikatakan sudah mapan untuk mampu memimpin bangsa yang sangat besar seperti Indonesia, justru sangat berbeda dengan bagaimana pengalaman serta rekam jejak yang dimiliki oleh pasangan Ganjar-Mahfud.

Senada dengan optimisme kuat yang dimiliki oleh para sukarelawan, pihak Parpol pengusung dari pasangan yang dideklarasikan oleh PDI Perjuangan itu juga memiliki keyakinan yang sangat kuat pula. Hal tersebut disampaikan oleh Plt Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Jawa Barat, Pepep Saeful Hidayat. Dia mengatakan bahwa untuk bisa mencapai target kemenangan, khususnya di Provinsi Jawa Barat sendiri, seluruh Parpol pengusung telah memiliki segenap langkah dan strategi, diantaranya adalah dengan langsung bergerak dan melakukan konsolidasi secara internal terlebih dahulu untuk kemenangan pasangan Ganjar-Mahfud.

Kemudian, seluruh Parpol pengusung juga memiliki komitmen sangat kuat dalam mendukung penuh pasangan duet antara mantan Gubernur Jawa Tengah dan juga Menko Polhukam itu, khususnya dari DPW PPP Jabar pada perhelatan Pilpres tahun 2024 mendatang. Seluruhnya menunjukkan antusiasme sangat tinggi untuk bisa terus mengawal kemenangan pasangan duet Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, karena pasangan pemimpin masa depan bangsa itu mampu untuk memberikan harapan baru kepada seluruh rakyat Indonesia.

Maka dari itu, karena mampu memberikan harapan yang sangat besar bagi masyarakat, menjadikan seluruh Parpol pengusung terus akan bekerja dengan sangat keras dalam memastikan hasil yang terbaik dalam pelaksanaan pesta demokrasi dan kontestasi politik pada perhelatan Pemilihan Presiden mendatang.

Salah satu kunci kesuksesan dan kemenangan adalah perlu adanya soliditas dan kerja sama yang baik antar partai dan juga mitra koalisi, termasuk juga terus mendorong partisipasi dan peran aktif dari masyarakat untuk bisa bersama-sama memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud. Pelibatan masyarakat bisa dilakukan dengan melalui kampanye yang cerdas dan edukatif, termasuk juga sosialisasi yang terus digencarkan terkait visi misi yang dimiliki oleh pasangan duet itu. Berbagai macam kebijakan yang sangat pro kepada rakyat kecil yang telah diusung oleh Ganjar Pranowo dan Mahfud MD jelas akan mampu menarik simpati dari masyarakat di Tanah Air.

Segenap poin tersebut menjadikan seluruh relawan dan juga Parpol pengusung dari pasangan Ganjar-Mahfud terus memiliki optimisme yang sangat tinggi dan mereka tetap antusias dalam memenangkan pasangan tersebut, tidak peduli dengan bagaimana dinamika politik yang tengah terjadi belakangan ini.

)* Penulis adalah Pemerhati Sosial Politik

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda