Pendaftaran ke KPU Banjir Dukungan, Bukti Masyarakat Yakini Kualitas Ganjar-Mahfud - BERITA JOGJA

Kamis, 19 Oktober 2023

Pendaftaran ke KPU Banjir Dukungan, Bukti Masyarakat Yakini Kualitas Ganjar-Mahfud

Oleh : Nurul Fitriani )*

Pasangan bakal Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres dan Cawapres) Ganjar Pranowo – Mahfud MD dibanjiri dukungan masyarakat. Hal ini terlihat dari banyaknya massa yang memadati Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat yang menjadi titik lokasi keberangkatan Ganjar Pranowo dan Mahfud ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ribuan orang itu berkumpul di bawah terik matahari. Mereka terdiri dari unsur relawan dan partai pengusung PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura. Ganjar dan Mahfud berangkat dari lokasi tersebut diiringi massa hingga ke Kantor KPU untuk mendaftar sebagai bakal Capres dan Cawapres di Pilpres 2024.

Kedatangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Gedung KPU pun disambut antusias oleh relawan yang sudah tiba lebih dulu di lokasi. Para relawan terlihat berdesakan di lokasi. Mereka ada yang meneriaki Ganjar-Mahfud. Keduanya juga sesekali melemparkan lambaian tangan dan senyuman ke pendukungnya.

Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Presiden (TKRPP), Adian Napitupulu dalam keterangannya mengatakan bahwa antusiasme yang dimiliki oleh seluruh relawan hingga semangat gotong royong yang dimiliki ratusan organisasi relawan dalam rapat koordinasi (rakor) sangat besar.

Mereka semua telah memiliki komitmen yang sangat kuat untuk bisa memberangkatkan setidaknya minimal 50 orang anggota mereka bahkan dengan biaya yang ditanggung masing-masing. Tidak hanya itu saja, namun seluruh relawan juga secara sukarela menyumbangkan makanan, minuman hingga buah-buahan dan juga mengorganisasi ambulans termasuk obat-obatan untuk agenda pendaftaran Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di KPU.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN), Arsyad Rasyid mengatakan pihaknya telah menyiapkan semua administrasi yang diperlukan. Pada kesempatan tersebut Ganjar juga mengucapkan terima kasih setulus-tulusnya terutama kepada partai pengusung yaitu PDI Perjuangan, PPP, Perindo, dan Hanura. Ia juga berterima kasih kepada Tim TPN, Scientist, Tokoh Agama, Budayawan, dan Seniman. Secara khusus juga terima kasih kepada para relawan.

Ganjar menekankan bahwa ini bukan tentang Ganjar, bukan tentang Mahfud, juga bukan cerita tentang kekuasaan, tetapi tentang cerita nasib bangsa, nasib rakyat, cerita tentang anak-anak yang butuh perlindungan dan mendapatkan akses pendidikan yang baik, cerita tentang ibu-ibu dan kelompok perempuan yang harus mendapatkan perhatian khusus, kelompok disabilitas yang harus mendapatkan kesetaraan.

Pihaknya juga ingin mengapresiasi guru-guru yang berjuang mencerdaskan kehidupan bangsa, tetapi mereka butuh kesejahteraan yang baik. Para petani yang memberi makan dan butuh perlindungan, para TNI/Polri aparatur negara yang mengamankan bangsa, melindungi dan melayani masyarakat. Tentu saja kalau melihat tenaga medis/dokter mereka yang berada di ujung Indonesia, itu tentang Indonesia.  Buruh bekerja dengan keras, pengusaha yang harus survive dengan ekonomi yang tidak mudah, itu adalah cerita tentang kita.

Di tempat yang sama, Mahfud MD menyebut bahwa Tugu Proklamasi sebagai titik keberangkatannya ke KPU adalah suatu tempat ketika Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan Indonesia. Sekurang-kurangnya di dalam proklamasi ada tiga pesan, pertama, kami bangsa Indonesia terdiri dari 1360 suku menyatakan kemerdekaan bersama. Kita berharap kemerdekaan kita adalah kemerdekaan yang bermartabat, bukan merdeka yang tidak bermartabat dan dijadikan permainan oleh kekuatan-kekuatan lain.

Lalu hal-hal yang berkaitan dengan pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara seksama dan dengan tempo sesingkat-singkatnya. Artinya kita akan terus berjuang untuk mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Mewakili aspirasi dari seluruh masyarakat, ternyata segenap elemen bangsa memberikan harapan yang cukup besar kepada pasangan duet Ganjar Pranowo - Mahfud MD untuk dapat membawa perubahan untuk menjadi jauh lebih baik lagi dari sebelumnya, terutama pada masalah hukum di Indonesia.

Diketahui pula bahwa rekam jejak Mahfud MD sama sekali tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Dirinya merupakan tokoh terbaik bangsa yang telah memiliki segudang pengalaman serta prestasi dan juga merupakan seorang yang sangat matang untuk bisa memimpin negeri. Bahkan, pria kelahiran Sampang, Madura Jawa Timur itu juga pernah mengembang berbagai macam jabatan strategis sebagai trias politica di Tanah Air, yakni dirinya pernah menjabat sebagai anggota parlemen, yang mana masuk ke dalam lembaga legislatif, yakni tatakala masih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Dia juga pernah menjadi Hakim Mahkamah Konstitusi yang menjadi lembaga Yudikatif, serta kini masih menjabat sebagai Menko Polhukam, yang mana merupakan lembaga Eksekutif.

Maka dari itu, harapan yang sangat besar dari seluruh masyarakat Indonesia terhadao pasangan duet Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD adalah agar bisa membawa wajah hukum di Indonesia menjadi jauh lebih baik lagi dan juga memapu semakin optimal serta maksimal dalam melakukan pemberantasan korupsi di Tanah Air.

Untuk diketahui, kedua Capres dan Cawapres usungan PDIP itu menggunakan mobil bersejarah yakni, Cadillac Fletwood 75 Limousine untuk pendaftaran ke KPU, Kamis 19 Oktober 2023. Kendaraan yang diproduksi Amerika Serikat itu merupakan tunggangan dinas terakhir Presiden Soekarno sebelum lengser dari tampuk kekuasaannya.

Besarnya jumlah massa yang hadir dalam momen tersebut menandakan besarnya dukungan publik terhadap pasangan Ganjar-Mahfud. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat yakin pasangan Capres-Cawapres ini mampu membawa Indonesia lebih maju dan lebih sejahtera. Publikpun yakin dengan kinerja keduanya jika kelak terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

)* Penulis adalah Pengamat Masalah Sosial Politik

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda