Paling Sesuai Karakter Pemimpin Ideal Masyarakat Sumbar, PDIP Yakin Ganjar Menang - BERITA JOGJA

Sabtu, 07 Oktober 2023

Paling Sesuai Karakter Pemimpin Ideal Masyarakat Sumbar, PDIP Yakin Ganjar Menang

Oleh : Abdul Ibrahim Piliang)*

Paling sesuai dengan karakter sosok pemimpin ideal yang didambakan oleh seluruh masyarakat di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), PDI Perjuangan meyakini dengan penuh optimisme bahwa Ganjar Pranowo pasti akan menang dalam Pilpres 2024 mendatang.

Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo disebut memang sebagai sosok pemimpin yang sangat ideal dan juga sangat sesuai dengan apa yang selama ini dicari oleh seluruh warga dan masyarakat di Provinsi Sumatera Barat.

Direktur Eksekutif Akademi Tumah Bangsa, Afrifan Eldo Yura menjelaskan bahwa sosok Ganjar memiliki paket lengkap yang sudah sesuai dengan karakteristik pemimpin idaman masyarakat di Tanah Minang, yakni adanya karakter tokoh, takah dan tageh sebagai sosok Presiden yang akan memimpin Tanah Air pada tahun 2024 mendatang.

Salah satu indikatornya adalah, kedekatan yang sudah dibangun oleh Ganjar Pranowo dengan rakyat yang dipimpinnya, yang mana menjadikan seluruh masyarakat di Jawa Tengah sangat mencintainya. Selain itu, kepemimpinan Ganjar selama ini juga sudah teruji dengan baik, yakni selama dirinya pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) maupun sebagai Gubernur di Jateng.

Ganjar juga merupakan figur yang sangat cerdas, tegas dan juga bersih. Bukan hanya itu, namun dirinya juga memiliki visi yang sangat jelas mengenai bagaimana tata kelola pemerintahan yang hendak dia lakukan ketika menjabat nantinya. Hal tersebut terlihat dari kejelasan seluruh visi dan misi selama dia pernah menjabat sebagai Gubernur.

Terlebih, masyarakat di Sumatera Barat merupakan golongan masyarakat yang religius, sehingga mereka tidak akan sembarangan dalam memilih pemimpin, yang mana salah satu kriteria yang penting untuk menjadi pemimpin dan dipilih oleh warga di Tanah Minang adalah sosok yang religius. Terlihat sekali bahwa religiusitas yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo tidak dibuat-buat. Kedekatannya dengan kaum ulama dan kyai sudah sejak dulu terbangun, terutama dirinya juga memiliki istri dari anak seorang kyai.

Karakteristik yang dimiliki oleh Ganjar tersebut, maka membuat PDI Perjuangan sangat memiliki optimisme yang tinggi akan kemenangannya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur, Said Abdullah menegaskan pihaknya sudah siap untuk terus mengawal kemenangan Ganjar Pranowo dalam kontestasi politik dan pesta demokrasi mendatang. Seluruh Kader Banteng di Jatim sudah sangat siap untuk bisa merealisasikan keyakinan yang dimiliki oleh Ketua Umum mereka yakni mengantarkan kemenangan Capres yang mereka usung dan juga melanjutkan seluruh kerja serta program yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya, pada penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menegaskan keyakinannya bahwa sosok Ganjar akan menjadi suksesor Presiden Jokowi.

Seluruh kader PDI Perjuangan di semua daerah diharapkan untuk bisa bekerja dengan sangat optimal. Terlebih ketika sudah berurusan dengan amanat yang telah disampaikan langsung oleh Ketum mereka. Meski fakta dan data menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo unggul dalam berbagai hasil survei yang dilakukan lembaga independen, namun diharapkan seluruh kader partai tidak terlena dan berpuas diri.

Megawati Soekarnoputri telah mewanti-wanti bahwa kemenangan dari Capres yang mereka usung jelas akan bisa terwujud, selama seluruh kader partai mau dan selalu bisa turun langsung ke bawah untuk menyapa rakyat di akar rumput. Seluruh elemen di PDI Perjuangan memang harus terus bisa kerja sama dengan masyarakat.

Bukan hanya itu, mereka semua juga harus bisa terus bersinersi dengan seluruh anggota serta kader parpol pengusung lainnya, termasuk juga kepada para relawan untuk upaya pemenangan Ganjar Pranowo sebagai Presiden pada tahun 2024 mendatang.

Maka dari itu, optimisme dan juga keyakinan dari PDI Perjuangan sangat tinggi bahwa Ganjar Pranowo jelas akan mampu memenangkan kontestasi politik dan menjadi Presiden kedelapan untuk melanjutkan Presiden Jokowi nanti. Terlebih, sosoknya juga merupakan pemimpin yang dianggap sangat ideal sebagaimana karakteristik yang diimpikan oleh masyarakat di Sumatera Barat.

)* Penulis adalah Pemerhati Sosial Politik

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda