Survei Terbaru PRC Dirilis, Elektabilitas Ganjar Terus Ungguli Kandidat Lain - BERITA JOGJA

Selasa, 19 September 2023

Survei Terbaru PRC Dirilis, Elektabilitas Ganjar Terus Ungguli Kandidat Lain

JAKARTA – Hasil survei terbaru Politika Research & Consulting (PRC) bulan September menunjukkan elektabilitas calon presiden Ganjar Pranowo lebih unggul dibandingkan kandidat yang lainnya.

Berdasarkan survei PRC terbaru, dari ketiga kandidat calon presiden di Pilpres 2024, Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas paling unggul diantara yang lain.

“Ganjar Pranowo masih mengungguli,” ujar Rio Prayogo selaku Direktur Eksekutif PRC.

Dalam survei tersebut, mantan Gubernur Jawa Tengah itu meraih elektabilitas sebesar 40,4 persen, kandidat lainnya mendapatkan jauh di bawah itu dan sebanyak 9 persen lainnya memilih belum menyatakan pendapatnya.

Diantara yang lainnya, Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas paling stabil dan cenderung berada di kisaran angka 40 persen, seperti survei pada bulan April lalu 40,8 persen dan bulan September 40,4 persen.

“Dari bulan April, Ganjar Pranowo itu masih stabil di angka 40, nyaris tidak berubah,” lanjut Rio.

Di sisi lain, berdasarkan survei Ipsos Public Affairs menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo di kalangan milenial yang berusia 25 hingga 39 tahun dan Gen Z usia 17 hingga 24 tahun lebih unggul daripada lainnya.

Survei Ipsos di kalangan Gen Z Ganjar mengungguli sebanyak 42,40 persen dan di kalangan milenial Ganjar unggul di angka 39,90 persen.


Ketua Umum Angkatan Muda Ka’bah (AMK) Rhendika Harsono pun menganggap bahwa sosok pemimpin yang identik dengan rambut putih itu disukai oleh generasi Z dan milenial yang menjadi salah satu penyumbang suara terbesar di Pilpres 2024 mendatang.

“Ganjar sangat low profile, dekat dengan semua masyarakat, mahasiswa dan pelajar,” terangnya.

Di samping itu, menurut data Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan daftar pemilih Pemilu 2024 yang menunjukkan bahwa suara didominasi oleh kalangan zilenial (gen Z dan milenial).

Jumlah gabungan dari kedua generasi tersebut setidak-tidaknya mencapai angka lebih dari 113 juta jiwa yang setara dengan 56,45 persen dari total keseluruhan yakni 204.807.222 orang.

Gaya bahasa yang komunikatif membuat eks Gubernur Jateng itu disukai oleh kalangan zilenial karena memang penyampaiannya tidak kaku dan memiliki banyak pengikut di media sosial, dimana tempat kalangan muda bersarang.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi meyakini dengan optimis bahwa elektabilitas Ganjar yang terus naik itu tidak khawatir dengan siapapun pasangannya nanti.

“Sebagai hasil survei, itu menunjukkan bahwa peluang Pak Ganjar sangat besar dipasangkan dengan siapapun,” ucap Baidowi saat merespon hasil survei SMRC.

Artinya bahwa, memang dengan elektabilitas GP yang terus naik dan stagnan itu dirinya memiliki modal yang bagus untuk bekal menang di Pilpres 2024 mendatang.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda