Buka KTT ASEAN di JCC, Presiden Jokowi Sebut ASEAN Tetap Jaga Nilai Kesetaraan - BERITA JOGJA

Selasa, 05 September 2023

Buka KTT ASEAN di JCC, Presiden Jokowi Sebut ASEAN Tetap Jaga Nilai Kesetaraan

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka perhelatan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), di Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka KTT ke-43 ASEAN yang dimulai hari ini, Selasa (5/9/2023) di Plenary Hall, Jakarta Convention Center.

Dalam pembukaannya Presiden Jokowi mengklaim kesetaraan di ASEAN menjadi nilai utama yang dijunjung bersama. Kesatuan ASEAN sampai saat ini disebut masih terpelihara dengan baik..

"Kesetaraan ini yang saya lihat sudah menjadi barang langka di dunia. Banyak ketidakadilan dan konflik terjadi akibat tidak adanya kesetaraan," kata Jokowi saat membuka KTT ke-43 ASEAN di Plenary Hall JCC Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Jokowi pun mencontohkan Indonesia sebagai negara yang memiliki beragam suku, bahasa, agama dan budaya. Kendati demikian, Jokowi menyebut bahwa perbedaan tersebut justru menyatukan warga negaranya sebagai anggota keluarga yang memiliki posisi yang sama.

"Bagi Indonesia kesatuan itu adalah sebuah harmoni dalam perbedaan, termasuk di dalamnya perbedaan pendapat," tambahnya.

Maka dari itu, Jokowi menekankan bahwa perbedaan itulah yang seharusnya menjadi dasar bagi ASEAN sebagai nilai dan prinsip utama yang harus semakin dihormati.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa dalam skala global, Dunia memang sedang tidak baik-baik saja, tantangan ke depan semakin berat dan memperbutkan pengaruh oleh kekuatan besar. Namun ASEAN sepakat untuk tidak menjadi alat proxy bagi kekuatan manapun, namun membuka peluang bagi kerjasama demi teriptanya perdamaian dan kemakmuran.

Dalam pidato pembukaan, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa ASEAN tidak mungkin berdiri sendiri untuk menghadapi tantangan yang ada di dunia. Menurutnya, dalam perjalanannya, ASEAN perlu bekerja sama dengan para mitra organisasi negara-negara Asia Tenggara tersebut.

"Mari kita bersama mewujudkan kerja sama yang setara dan saling menguntungkan untuk berlayar bersama menuju epicentrum of growth," kata Jokowi.

Upacara pembukaan ini turut dihadiri pemimpin dan perwakilan negara-negara peserta KTT ASEAN, yakni Perdana Menteri (PM) Laos Sonexay Siphandone, PM Kamboja Hun Manet, Ketua Delegasi Thailand Sarun Charoensuwan, dan Presiden Filipina Ferdinan Marcos Jr.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda