Pemimpin Gesit dan Komunikatif, Ganjar Pranowo Diterima Baik Masyarakat Sumatera Barat - BERITA JOGJA

Senin, 07 Agustus 2023

Pemimpin Gesit dan Komunikatif, Ganjar Pranowo Diterima Baik Masyarakat Sumatera Barat

SUMATERA BARAT — Dianggap sebagai sosok pemimpin yang sangat gesit dan komunikatif, Ganjar Pranowo diterima dengan sangat baik oleh masyarakat di Sumatera Barat.

Optimisme tersebut sangat tinggi, bahkan juga disertai dengan adanya prediksi bahwa dukungan yang akan diterima oleh pemimpin berambut putih itu di Ranah Minang akan jauh lebih banyak dibandingkan Presiden Jokowi pada Pilpres 2014 dan 2019 silam.

Ketua Bappilu PDI Perjuangan Sumbar, Yogi Yolanda menjelaskan bahwa masyarakat Sumatera Barat mempertimbangkan sisi tokoh, takah dan tageh (3T), yang mana seluruh aspek itu ada dalam diri Ganjar Pranowo.

"Kalau kami lihat Pak Ganjar memiliki ketiganya. Tokoh, takah dan tageh. Saya yakin eliau bisa diterima (di Sumbar). Beliau gesit dan komunikatif," ungkapnya.

Gaya komunikasi dari Capres PDI Perjuangan itu juga sama sekali tidak dibuat-buat dengan masyarakat hanya untuk pencitraan saja. Maka dari itu, dirinya sangat disenangi oleh kaum muda.

Selain itu, Ganjar Pranowo juga dinilai sebagai pemimpin yang berhasil membawa Provinsi Jawa Tengah selalu dalam kondisi yang aman dan tentram, sehingga pemimpin Ponpes memuji bagaimana keberhasilan kepemimpinan Ganjar Pranowo.

Pengasuh Ponpes Kauman Lasem, K.H. Muhammad Zaim Ahmad Ma’shoem atau Gus Zaim menyatakan bahwa Jawa Tengah sangat minim gejolak masyarakat semenjak era kepemimpinan pria berambut putih itu.

“Keadaan amannya Jawa Tengah, masyarakatnya yang tidak ada gejolak selama ini. Itu menunjukkan kepemimpinan yang baik,” katanya.

Lebih lanjut, baginya dengan adanya kondisi tersebut maka menunjukkan bagaimana kualitas yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo dalam mengelola daerah sehingga langsung mendoakan kesuksesan bagi Capres PDI Perjuangan itu.

“Saya berharap semakin sukses di segala hal,” kata Gus Zaim.

Sementara itu, Ganjar Pranowo sendiri mengaku bahwa dirinya sangat mengagumi Ponpes Kauman Lasem lantaran sangat menjunjung tinggi toleransi antarumat beragama.

“Pondoknya menarik karena berada di lingkungan pecinan dan masyarakatnya menerima dengan baik, saling berinteraksi dengan baik. Ini contohnya, top,” kata Ganjar.

Sebelumnya, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kaltim yang tengah melakukan studi mengungkapkan bahwa mereka akan meniru bagaimana kehidupan kerukunan dan moderasi beragama yang terdapat di Jawa Tengah.

Terkait hal itu, Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi mengatakan bahwa keberadaannya di Jateng adalah untuk belajar kepada Ganjar Pranowo, dalam mengelola perbedaan dan berbagai persoalan.

“Salah satunya untuk belajar, karena kami menilai Pak Ganjar mengelola perbedaan dengan luar biasa,” katanya.

Pada kesempatan lain, terdapat sebuah survei yang dilakukan oleh Populi Center dan memetakan bagaimana tingkat akseptabilitas para tokoh politik dalam Pemilu 2024 di mata publik.

Diketahui bahwa pada survei itu, nama Ganjar Pranowo dianggap oleh masyarakat sebagai sosok pemimpin yang paling toleran.

Data menunjukkan bahwa persentase toleran yang dimiliki oleh pria berambut putih itu di mata masyarakat mencapai 38,4 persen.

****

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda