IKN Jadi Ibu Kota Super Canggih - BERITA JOGJA

Minggu, 30 Juli 2023

IKN Jadi Ibu Kota Super Canggih

Oleh : Eva Kalyna Audrey )*

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi ibu kota masa depan yang super canggih. Rencananya di IKN akan dilengkapi dengan kendaraan berupa mobil terbang. Selain itu, di IKN juga ada kendaraan listrik yang modern serta ramah lingkungan. IKN adalah ibu kota yang dibanggakan oleh seluruh WNI.

Ibu kota negara masih dalam proses pembangunan dan akan menjadi kota yang memiliki peradaban baru di Indonesia. IKN Nusantara didesain sebagai ibu kota yang modern, sekaligus hijau. Nantinya IKN menjadi pusat pemerintahan yang membanggakan, karena dirancang dengan sangat bagus dan menampakkan wajah Indonesia di mata dunia internasional.

IKN menjadi peradaban baru di Indonesia, dan menjadi tempat yang modern sekaligus ramah lingkungan serta minim karbon. Sebuah ibu kota akan terbangun dengan modern dan tetap menjaga kelestarian hutan di Kalimantan.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Mohammed Ali Berawi menyatakan bahwa Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono dan Hyundai Motor Group menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk bekerja sama membangun ekosistem mobilitas cerdas Advanced Air Mobility (AAM) di Indonesia. Nantinya, mobil terbang akan diuji coba di IKN pada 2024.

Ali Berawi melanjutkan, kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan mobil terbang. Pengembangan ini menjadi yang pertama kalinya bagi Indonesia, sementara di dunia konsep mobil terbang juga masih dalam pengembangan. Sudah ada tahap-tahapnya, mulai dari joint study, joint research, ini kita lakukan untuk artinya kita harapkan kita menjadi salah satu pusat pengembangannya.

Ali juga mengatakan mobil terbang menyerupai sebuah drone dapat berisi penumpang dan barang. Salah satu fungsinya adalah untuk lebih mudah menjangkau daerah-daerah yang sulit ditempuh melalui jalan darat dan perbukitan.

Pemerintah membangun IKN bukan untuk 2024, tetapi tahun 2045. Diharapkan di tahun itu teknologinya sudah mencukupi untuk mewujudkan IKN sebagai smart city. Mungkin masyarakat masih bingung membayangkan mobil terbang, karena bisa jadi baru dioperasikan tahun 2035. Dengan uji coba mobil terbang maka akan menjadi salah satu pionir pengembang teknologi. Akan ada lompatan teknologi di IKN dan sangat membanggakan.

Teknologi mobil terbang ini pun belum diproduksi secara massal sehingga masih membutuhkan berbagai pengembangan. Saat ini OIKN tengah mengembangkan teknologi yang bisa digunakan untuk tahun 2035 termasuk mobil terbang. Semoga Indonesia bisa menjadi pelaku untuk pembangunan mobil terbang di masa mendatang.

Keberadaan mobil terbang di IKN menjadi sesuatu yang membanggakan sekaligus mengagetkan. Masyarakat penasaran seperti apa bentuk kendaraannya? Ketika mobil tersebut diuji-coba di IKN maka sangat membanggakan, dan membuktikan bahwa ibu kota baru sangat canggih.

IKN memang dirancang sebagai ibu kota yang ultra modern dan menjadi kota kelas dunia. Selain ada mobil terbang, di IKN akan dirancang sedemikian rupa sehingga hanya kendaraan listrik yang boleh melintas di dalam IKN. Oleh karena itu pembangunan infrastruktur pendukung terus dilakukan. Kemudian, teknologi modern juga diberlakukan di sana.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa Pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur terus dikebut. Proyek IKN Nusantara membawa banyak teknologi dan akan menjadi kota kelas dunia.

Menteri Basuki menambahkan, dalam proses pembangunannya, ditentukan tiga target capaian IKN sebagai kota kelas dunia di masa depan. IKN akan menjadi kota 10 menit yang dirancang untuk pejalan kaki. Kedua, 75% area IKN merupakan ruang hijau. Ketiga, IKN masuk 10 kota layak huni terbaik, cerdas dan aktif di dunia.

IKN akan jadi kota 10 menit karena transportasi umumnya sangat mudah. Rencananya akan dibangun jaringan kereta api di IKN Nusantara, yang akan dimulai tahun 2025. Kereta ini membuat masyarakat Kalimantan antusias karena baru pertama kali moda transportasi ini ada di sana. Mereka bisa merasakan naik kereta api yang dimulai dari Balikpapan menuju kota inti IKN (Nusantara).

Kereta api menjadikan IKN kota kelas dunia karena memudahkan mobilitas warga untuk datang dan pergi dari Nusantara. Selain itu, dipastikan jalur kereta tidak akan membelah hutan, sehingga akan ramah lingkungan.

Rencananya akan dibuat sistem lalu-lintas modern dan kendaraannya dengan mobil/motor listrik yang sangat minim emisi. Dengan kendaraan tersebut maka mobilitas lancar sekaligus ramah lingkungan. Mobil/motor listrik tidak mengeluarkan asap tebal dan berwarna hitam di bagian knalpotnya, seperti kendaraan konvensional.

IKN jadi ibu kota yang super smart karena direncakan memiliki mobil terbang sebagai kendaraan yang digunakan oleh penghuninya. Dengan mobil jenis baru ini maka diharap lebih menjangkau ke tempat-tempat yang terpencil dan membuat pemerataan pembangunan. Selain itu di IKN juga dicanangkan sebagai modern city karena hanya boleh dilewati kendaraan berbahan bakar listrik.

)* Penulis adalah kontributor Lembaga Lintas Nusamedia

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda