Keberhasilan PB ESI Raih Emas Menjelang Penutupan IESF WEC 14th di Bali 2022 - BERITA JOGJA

Minggu, 11 Desember 2022

Keberhasilan PB ESI Raih Emas Menjelang Penutupan IESF WEC 14th di Bali 2022


Oleh : Deka Prawira )*

Sepak terjang yang menghasilkan prestasi gemilang para atlet esports perwakilan Timnas Indonesia dalam ajang IESF Bali 14Th WEC 2022 dinilai sangat membanggakan. Karena itu torehan prestasi tersebut panen apresiasi. Pihak PB ESI pun terus memberikan dukungan optimal supaya terus mencetak prestasi untuk mengharumkan nama bangsa di kancah dunia.

PB ESI sukses dalam menggelar kejuaraan dunia esport IESF WEC 14th di Bali 2022. Tidak hanya sukses dalam penyelenggara, PB ESI juga sukses dalam prestasi.

Menjelang penutupan kejuaraan esport IESF WEC 14th di Bali 2022, timnas esport Indonesia besutan PB ESI berhasil meraih dua emas pada dua nomor pertandingan IESF WEC 14th di Bali 2022.

Atlet esports nasional Indonesia untuk game eFootball, Elga Cahya Putra berhasil berhasil menyabet gelar juara dalam kejuaraan esport dunia IESF World Esports Championship 2022 usai mengalahkan tim Argentina dengan skor 3-0.

Selain itu, Tim nasional DOTA 2 Indonesia berhasil menyabet gelar juara setelah mengalahkan Filipina pada babak grand final kejuaraan esport dunia IESF Bali 14th World Esports Championship 2022.

Indonesia masih berkesempatan meraih emas ketiga dalam nomor Mobile Legend: Bang Bang yang akan bertanding di grand final pada minggu siang 11 Desember 2022.

Dengan kemenangan dua nomor pertandingan di kejuaraan dunia IESF WEC 14th di Bali 2022, Indonesia berhasil mengantongi dua emas dan satu perunggu dari nomor CS:GO putri yang berasil meraih juara ketiga pada IESF WEC 14th di Bali 2022.

Prestasi yang diraih oleh timnas Indonesia dalam IESF WEC 14th di Bali 2022 tidak lepas dari dukungan Budi Gunawan selaku Ketua Umum PB ESI dalam membina atlet esport Indonesia untuk mengembangkan potensi esport Indonesia.

Maka menjadi tidak mengherankan bahwa banyak sekali prestasi yang tercatat dalam ajang IESF Bali 14Th WEC 2022 melalui segala bentuk perjuangan mereka.

Seluruh prestasi yang berhasil diraih tersebut juga sama sekali tidak bisa dilepaskan dari bagaimana peranan PB ESI selaku asosiasi dari olahraga elektronik itu di Indonesia.

PB ESI di era kepemimpinan Jend Pol (Purn) Budi Gunawan selalu berupaya untuk terus mendukung penuh seluruh atlet dan menjamin kebutuhan mereka dengan memberikan banyak fasilitas supaya para atlet esports bisa terus berprestasi di kancah dunia.

PB ESI sendiri benar-benar berupaya untuk terus memenuhi segala kebutuhan para atlet karena memang visi yang dimiliki oleh Budi Gunawan selaku Ketum asosiasi tersebut adalah membawa nama Indonesia menjadi pemimpin esports di kawasan Asia.

Di sisi lain , PB ESI dibawah kepemimpinan  Jenderal Pol (P) Budi Gunawan juga terus menyampaikan pesan tentang pentingnya semangat unity in diversity. Hal tersebut tercermin dari penyelenggaraan Ekshibisi Para Esports pada Indonesia Esports Summit 2022.

Kejuaraan Para Esports ini diikuti oleh 58 siswa-siswi dari Sekolah Luar Biasa yang berada di Bali. Mereka hadir ke arena Indonesia Esports Summit dengan pendampingan guru. Pada laga ekshibisi yang mempertandingkan nomor gim PUBG Mobile Solo ini, Putu Surya Wardana, siswa SLB Negeri 1 Badung berhasil keluar sebagai juara pertama dan berhak atas hadiah sebesar Rp6.000.000.

Sementara itu, Kemenangan Indonesia dalam menyabet emas pada gelaran kejuaraan dunia esport IESF WEC 14th di Bali 2022 akan memberikan dampak positif bagi Indonesia termasuk pada pertumbuhan dan perkembangan ekonomi kreatif Indonesia.

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo menyampaikan optimisme PB ESI terhadap dampak positif dari gelaran Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships 2022. 

Bambang mengatakan, pihaknya ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat luas dan pemangku kepentingan–-pemerintah, pelaku industri, dunia pendidikan, bahwa esports adalah bidang positif bagi insan yang memiliki kecerdasan, kreativitas, kedisiplinan, dan etos kerja yang tinggi.

Karena hal itu, PB ESI optimis Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships akan menjadi landasan kuat bagi Indonesia di masa depan sebagai salah satu pusat dan barometer esports dunia.

Dilihat dari perkembangan esport Indonesia, Dibawah kepemimpinan Budi Gunawan selaku Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), esport Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Menurut data Global Games Market Report 2021, Indonesia menempati posisi 17 pasar game terbesar dengan pertumbuhan yang sangat cepat.

Data ini diperkuat di Indonesia Esports Industry Outlook 2021, menurut Data dari Evos Esports (salah satu tim esports terbesar di Indonesia) dari total 274,5 juta gamers di Asia Tenggara, Indonesia berkontribusi sekitar 43% terhadap jumlah total tersebut. Selain itu Indonesia juga menyumbang pendapatan terbesar senilai USD 2,08 miliar atau sekitar Rp 30 triliun.

Untuk itu, kemenangan Indonesia dalam Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships 2022 merupakan kunci bagi kesuksesan PB ESI dalam komitmennya untuk memajukan esport Indonesia.

Kemenangan Indonesia dengan menyabet dua emas dan satu perunggu dalam gelaran Indonesia Esports Summit 2022 dan Bali 14th World Esports Championships 2022, sekaligus merupakan sinyal dari meningkatnya kesadaran seluruh pemangku kepentingan akan potensi esports untuk mendongkrak perekonomian digital.


)* Penulis adalah kontributor Pertiwi Institute 


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda