BIN DAN YBTS Selenggarakan Invitasi Tenis Nasional Lahirkan Atlet Profesional - BERITA JOGJA

Jumat, 16 Desember 2022

BIN DAN YBTS Selenggarakan Invitasi Tenis Nasional Lahirkan Atlet Profesional

Oleh : Heru Sujarwo )*

Badan Intelijen negara (BIN) bersama instansi terkait terus berupaya untuk mencetak atlet berprestasi, tidak terkecuali di olah raga tenis. Kali ini, BIN Tennis Club menggandeng Yayuk Basuki Tennis School (YBTS) menyelenggarakan Invitasi Tenis Nasional yang diselenggarakan sejak 14-17 Desember 2022.

Pertandingan Invitasi tenis nasional digelar di Lapangan Tenis BIN, Jakarta Selatan. Dari BIN Tennis Club sendiri menurunkan dua pemain kakak beradik yakni Fitriana Sabrina dan Fitriani Sabatini. Sementara, 14 atlet lainnya yang ikut dalam turnamen ini berasal dari beberapa daerah seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Dalam acara invitasi Tenis tersebut, terdapat sejumlah petenis yang ikut diundang. Dari Petenis putra yang diundang adalah Lucky Candra Kurniawan dan Tegar Abdi Satrio Wibowo (Kalimantan Selatan), Achad Imam Maruf dan Muhammad Althaf Baihaqi (Papua Barat), Rifky Sukma Ramadhan (Jawa Barat), Claudio Renardi Lumanauw (DKI Jakarta) serta Muhammad Gunawan Trismuwantara dan Renaldi Aquila Arifadli Salim (Jawa Timur).

Di bagian putri, trio DKI Jakarta kembar Fitriana Sabrina dan Fitriani Sabatini serta Deria Nur Haliza, Cylova Zuleyka (Banten), Tiara Naura Nur Azizah (Riau), Fadona Titalyana Kusumawati (Kalimantan Selatan) dan Kholisa Siti Maisaroh (Jawa Tengah) serta Novela Rezha Milenia Putri (Papua).

Pelatih Tenis BIN sekaligus Ketua Pertandingan Invitasi Tenis Nasional, Suharyadi mengatakan pertandingan memang dijadwalkan dan difokuskan untuk mengundang pemain-pemain nasional yang berperingkat dibawah 10 nasional baik putra dan putri. Persiapan selama ini berjalan lancar dan pertandingan mendekati babak final pada 17 Desember 2022.

Selaku Pelatih Tenis BIN, Suharyadi mengatakan jika kedua pemain BIN yang diturunkan saat ini Fitriana dan Fitriani masuk final semuanya karena berhasil mengalahkan pemain-pemain baik yunior maupun senior.

Pertandingan yang digelar BIN dan YBTS tersebut dilaksanakan untuk menggairahkan dan menambah jam terbang atlet-atlet Tenis BIN menuju kompetisi di tahun depan. Selain itu, Suharyadi juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan yang sudah memberikan fasilitas pertandingan. Selain itu, ucapan terima kasih untuk Kemenpora dan YBTS karena memberikan dukungan yang maksimal.

Sementara itu, dari jalannya pertandingan ini juga mendapat kesan dari Fitriana Sabrina yang mewakili BIN. Fitriana atau biasa dipanggil Ana menyampaikan bahwa lawan yang dihadapi pada pertandingan ketiga ini cukup berat.

Fitriana mengatakan berhasil menang dengan skor 6-3 dan 6-0 meski lawannya cukup menyulitkan. Menurutnya kalau partnernya menang akan lebih enjoy di pertandingan selanjutnya.

Ana juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan karena telah memfasilitasi pertandingan ini dan mendukung atlet tenis di POR BIN. Untuk pertandingan besok akan lebih fokus karena pertandingan terkahir di bulan ini.

Senada, Fitriani Sabatini mengatakan bahwa pertandingan hari ketiga sangat keras karena lawannya juga cukup bagus, tetapi saya bisa handle dengan skor 6-1 dan 6-4. Pihaknya juga lolos ke tahap final, kemungkinan lawan dengan kembarannya sendiri, Fitriana Sabrina.

 Fitriani juga mengucapkan terima kasih kepada BIN dan YBTS yang telah memfasilitasi pertandingan ini. Pihaknya juga sangat senang diundang oleh YBTS dan senang bisa mewakili BIN di invitasi ini.

Bola Tenis sendiri merupakan salah satu cabang dari Persatuan Olah Raga BIN (PORBIN). Sementara itu, PORBIN sendiri memiliki beberapa cabang olahraga profesional. Sejumlah atlet dan pelatih nasional bergabung di dalamnya, bersama para talenta berbakat taruna-taruni (mahasiswa) STIN. Beberapa cabang olah raga didalamnya meliputi antara lain BIN Running Club, BIN Volleyball Club, BIN Weightlifting Club, Waskita Swimming Club, BIN Tennis Club, Velox et Exactus Shooting Club, dan Satlasus Tarung Derajat STIN, dan Esport.

Keberadaan PORBIN akan memberikan optimisme sekaligus peluang yang sangat besar untuk terus berkontribusi dalam mengharumkan nama bangsa ini di kancah internasional melalui jalur olahraga. Dengan demikian, kepada seluruh atlet PORBIN diharapkan untuk bisa terus berjuang dengan mengerahkan segenap kemampuan terbaik mereka dengan tujuan pengabdian bagi bangsa dan negara.

Dalam perjalanannya, PORBIN merupakan sebuah wadah dari penggalangan potensi para atlet dan juga para pelatih terbaik di tingkat nasional. Seluruhnya diharapkan mampu terus terlibat untuk bisa menciptakan suatu ekosistem pengembangan olahraga nasional dan terus mencetak prestasi sehingga potensi dan talenta-talenta para atlet tersebut bisa terus dikembangkan.

PORBIN di bawah kepemimpinan Jenderal Polisi (P) Budi Gunawan memang sudah banyak sekali menunjukkan perubahan dan progress ke arah yang jauh lebih baik. Dengan adanya Komitmen kuat ini maka diharapkan dapat terus memajukan olahraga nasional hingga bisa mengembalikan kejayaan dan prestasi olah raga nasional sesuai instruksi Pemerintah.

)* Penulis adalah kontributor Pertiwi Insitute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda