Kreativitas dan Profesionalitas Generasi Muda Tertempa Berkat AMANAH - BERITA JOGJA

Jumat, 05 Juli 2024

Kreativitas dan Profesionalitas Generasi Muda Tertempa Berkat AMANAH

Oleh: Malik Farhan )*

Kreativitas dan juga profesionalitas seluruh generasi muda terus tertempa berkat kebedaraan Aceh Youth Creative Hub (AYCH) atau Pusat Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH). Dengan adanya salah satu program unggulan Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN), AMANAH mampu menyajikan berbagai macam kegiatan yang sangat positif, dengan bertujuan untuk terus dan semakin menempa kreativitas dan profesionalitas para generasi muda penerus bangsa.

Tentunya, jika seluruh generasi muda tersebut sudah mendapatkan didikan mengenai kreativitas dan profesionalitas sejak sedini mungkin, maka menjadikan mereka sudah terbiasa dalam dunia kerja sehingga menuntut peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Saat ini, progres pembangunan Gedung Pusat AMANAH sudah mencapai hingga 70 persen dan target penyelesaian pada bulan Juli mendatang. Bahkan, kini tim sudah selesai melakukan pengerjaan pada konstruksi dan struktur bangunan gedung.

Setidaknya terdapat 9 area yang berhasil berdiri, yakni gedung multi fungsi, gedung utama, asrama putra dan putri, mushollah, bangunan rumah kaca, penyulingan, ground water tank hingga rumah genset.

Menyambut bagaimana progres positif dari percepatan pembangunan Gedung AMANAH tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto berharap dengan adanya bangunan itu, nantinya menjadikan para generasi muda di wilayah Aceh akan banyak mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kemandirian mereka. Selain itu, para pemuda Aceh juga bisa mengalami peningkatan kompetensi dan profesionalisme untuk menjadi pelaku wirausaha atau entrepreneur muda.

Dengan demikian, maka mereka bisa mengenal bagaimana cara mengelola dan memasarkan produk secara digital, termasuk juga memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pengembangan usaha mereka.

Memang beberapa bidang terus mendapatkan peningkatan serta pengembangan melalui keberadaan Program AMANAH, seperti bidang kreatif, riset dan teknologi, kewirausahaan, industri kreatif, pendidikan, literasi, budaya dan juga bahasa.

Berkaitan dengan salah satu program atau kegiatan sangat positif yang AMANAH lakukan untuk meningkatkan kreativitas dan profesionalitas, yakni adanya acara bertajuk One Day Voice Over atau ‘Sehari Menjadi Tranding’ yang bertempat di Aula Museum Aceh. Acara ini bertujuan untuk mengedukasi para generasi muda terkait teknik melakukan voice over yang efektif dalam pembuatan konten media sosial mereka.

Dalam kelas tersebut, para peserta mendapatkan pelatihan untuk membuat konten yang efektif melalui platform media sosial, kemudian bagaimana strategi melakukan storytelling dan pentingnya personal branding.

Menurut Founder Voice Institute Indonesia sekaligus VO Artist, Bimo Kusum atau yang biasa terkenal sebagai Bimoky, mengemukakan ternyata bakat dari para anak muda Aceh sangat luar biasa, terutama bagaimana karakter suara yang mereka miliki termasuk tegas dan menarik.

Bakat terpendam yang sudah para generasi muda wilayah berjuluk Serambi Mekkah itu miliki, maka sebenarnya mereka hanya membutuhkan didikan sedikit saja selama mampu terus konsisten dalam berlatih, maka bukan tidak mungkin mereka akan menjadi seorang profesional.

Adanya skill yang kreatif dan profesional menjadi sesuatu yang sangat penting, terlebih dalam persaingan dunia bisnis yang saat ini terjadi, yang mana seluruh dunia bisa saling terhubung dengan adanya kemajuan teknologi digital.

Oleh karenanya, kini menuntut semua orang harus memahami bagaimana cara mengoptimalisasi media sosial ataupun konten digital, yang mana hal tersebut menjadikan mereka harus memiliki kreativitas dan profesionalitas agar mampu bersaing dalam dunia yang sudah mengglobal seperti saat ini.

Selain itu, Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) tidak henti-hentinya untuk menyosialisasikan bagaimana program mereka, termasuk pada kegiatan Car Free Day (CFD). Tujuan dari sosialisasi tersebut yakni untuk mencakup sebanyak mungkin generasi muda Negeri Rencong dari berbagai bidang, utamanya ekonomi kreatif.

Salah satu pemuda Aceh, Syarifah Fatimah Azzahra (19) menyampaikan bahwa dengan adanya berbagai program dari AMANAH, menjadikan kreativitas generasi muda Aceh apat terus meningkat ke depannya.

Kebangkitan akan kreativitas anak muda tersebut, kemudian nantinya juga semakin mendorong agar semua bakat yang sejatinya mereka miliki bisa terus berkembang. Pasalnya, memang seluruh rangkaian kegiatan tersebut merupakan salah satu dari program unggulan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam bidang pemberdayaan msyarakat, khususnya mereka yang berada di Aceh.

Program AMANAH memang menjadi salah satu program unggulan pemerintah yang bergerak di bidang pemberdayaan, kemudian fokus yang mereka berikan terdapat berbagai sektor seperti bidang pertanian, perikanan, dan berbagai hal lain lagi.

Seluruh generasi muda Aceh terus mendapatkan tempaan, didikan dan juga pelatihan dari Pemerintah, khususnya BIN selaku inisiator program AMANAH. Melalui adanya kegiatan dalam program tersebut, menjadikan mereka mengalami peningkatan pada aspek kreativitas dan profesionalitas.

)* Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda