Bersama Wujudkan Stabilitas Kamtibmas Agar Pilkada Damai dan Lancar - BERITA JOGJA

Rabu, 03 Juli 2024

Bersama Wujudkan Stabilitas Kamtibmas Agar Pilkada Damai dan Lancar

Oleh : Elisabeth Titania Dionne )*

Seluruh elemen masyarakat wajib bersama-sama untuk mewujudkan stabilitas keamanan dan ketertiban (kamtibmas) dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Dengan adanya stabilitas keamanan tersebut, pesta demokrasi diharapkan dapat berjalan aman dan lancar.

Semua pihak perlu menjaga stabilitas keamanan jelang Pilkada 2024. Dengan adanya stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tersebut, maka bukan tidak mungkin cita-cita bangsa ini untuk menjadi Indonesia yang semakin maju akan jauh lebih mudah dicapai secara bersama.

Dengan adanya cita-cita Indonesia untuk menjadi negara yang semakin maju, maka jelas membutuhkan beberapa persyaratan terlebih dahulu, termasuk yakni pelaksanaan pesta demokrasi dari wilayah tersebut harus berlangsung dengan kondisi stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan bahwa sejatinya seluruh jajarannya sudah sangat berpengalaman dalam menyukseskan gelaran pesta demokrasi agar berlangsung dengan lancar di Tanah Air.

Terbukti bahwa pada tahun yang sama, yakni 2024 ini, perhelatan kontestasi politik tingkat nasional seperti Pemilihan Umum Calon Presiden (Pemilu Capres) pada bulan Februari 2024 lalu berhasil terselenggara dengan sangat lancar berkat kinerja aparat keamanan.

Berkaca dari pengalaman tersebut, maka sudah sangat jelas bahwa seluruh jajaran aparat keamanan diharapkan mampu mengawal penuh kelangsungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 agar berjalan dengan lancar.

Ketika gelaran Pilkada Serentak 2024 berjalan dengan kamtibmas yang lancar dan aman, maka akan mewujudkan keinginan dam harapan seluruh pihak, yakni menyongsong Indonesia maju.

Sebagai upaya mengawal penuh stabilitas kamtibmas tersebut, aparat keamanan telah melakukan pemetaan akan indeks kerawanan dalam Pilkada 2024. Dengan adanya pemetaan kerawanan tersebut, kemudian menjadi landasan dasar Polri untuk melangsungkan Operasi Mantap Praja dan Satuan Tugas (Satgas) Nusantara ‘Cooling System' yang memiliki tugas utama untuk mengamankan pesta demokrasi tingkat daerah itu.

Seluruh upaya yang jajaran aparat keamanan tersebut lakukan, senada dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta kepada Polri untuk mendukung penuh dan menyukseskan gelaran Pilkada Serentak 2024 pada bulan November itu serta agar mereka senantiasa menjaga stabilitas pelaksanaan pesta demokrasi.

Adanya dukungan penuh dari jajaran aparat keamanan diharapkan akan mampu mengawal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah berjalan dengan penuh asas jujur dan adil serta lancar dan aman bagi segenap rakyat di Indonesia dari berbagai daerah.

Kesuksesan Pilkada Serentak 2024 tersebut juga bergantung pada seperti apa netralitas yang aparat keamanan lakukan. Dengan banyaknya pengorbanan semua personel selama ini, Presiden Jokowi kemudian memberikan apresiasi yang sangat tinggi.

Selama ini memang semua jajaran aparat keamanan tidak pernah berhenti dan tidak mengenal kata lelah dalam mengawal penuh stabilitas kamtibmas, utamanya pada perhelatan pesta demokrasi.

Kelancaran semua proses berlangsungnya pesta demokrasi tingkat daerah di Indonesia tidak lepas dari bagaimana pengabdian dan kerja keras aparat keamanan, yang mana hal tersebut juga berdampak pada terdorongnya seluruh agenda besar pembangunan yang pemerintah canangkan di tengah adanya ketidakpastian dan dinamika global seperti sekarang ini.

Dengan kata lain, memang menjadi sangat penting adanya stabilitas kamtibmas untuk terwujud di segenap elemen serta level masyarakat. Menurut Deputi Bidang Koordinasi dan Ketertiban Masyarakat, Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Rudolf Alberth Rodja program pemerintah yakni Gerakan Nasional Revolusi Mental menjadikan masyarakat lebih tersadar untuk berperilaku tertib menaati hukum yang berlaku.

Tentunya keamanan dan ketertiban masyarakat tersebut sangat mendukung kesuksesan terwujudnya Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang dan menjadikan bangsa ini semakin maju ke depannya. Namun, untuk mewujudkan cita-cita besar tersebut jelas sangat membutuhkan keterlibatan semua pihak dari berbagai elemen masyarakat sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaulat, maju dan berkelanjutan.

Karakter masyarakat yang tertib dan kolaboratif dalam mendukung setiap kebijakan serta program pemerintah merupakan hal yang sangat penting, karena dengannya mampu menjadikan program pemerintah mendatangkan kebermanfaatan sangat luar biasa untuk segenap elemen masyarakat secara berkelanjutan.

Penanaman budaya, mindset hingga perilaku masyarakat yang tertib dan mampu terus menjunjung tinggi aturan atau hukum yang berlaku menjadi sangat penting, bahkan hendaknya mampu berlangsung dari lingkungan terkecil seperti keluarga dan kemudian meluas secara publik serta mampu menjadi karakter setiap individu.

Kondusivitas akan stabilitas kamtibmas di Indonesia merupakan prestasi yang sangat gemilang dari seluruh jajaran aparat keamanan. Capaian kinerja tersebut merupakan sebuah wujud dari akuntabilitas serta transparansi kepada publik.

Pengupayaan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama ini juga berhasil membuat Indonesia mampu terus bertahan, meski berhadapan dengan bagaimana gejolak atau dinamika yang terjadi atas ketidakpastian global.

Sikap gotong-royong atau secara bersama-sama dari seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam Pilkada 2024 diharapkan mampu menyukseskan hajatan demokrasi tersebut. Dengan kelancaran Pilkada 2024, maka keberlanjutan berbagai program pembangunan yang berdampak positif bagi kesejahteraan rakyat dapat segera terealisasi.

)* Penulis adalah Kontributor Gelora Media Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda