AMANAH Didik Generasi Muda Jalankan Konsep Smart Farming - BERITA JOGJA

Minggu, 07 Juli 2024

AMANAH Didik Generasi Muda Jalankan Konsep Smart Farming

ACEH — Aceh Youth Creative Hub (AYCH) atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mendidik generasi muda untuk menjalankan Smart Farming atau pertanian modern.

Semangat utama dari AMANAH adalah membangkitkan pertanian melalui modernisasi. Upaya tersebut berlangsung melalui kegiatan Talkshow di Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.

Korwil Provinsi Aceh Duta Petani Milenial, Marzuki menjelaskan kepada para pemuda yang hadir dalam acara tersebut mengenai konsep smart farming.

Dalam pemaparannya, smart farming merupakan budidaya tanaman namun dengan penggunaan teknologi canggih untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas pertanian.

Dengan adanya teknologi tersebut memungkinkan para petani bisa mengontrol bagaimana perkembangan tanaman mereka bahkan dari jarak yang jauh sekalipun.

“Smart farming sangat cocok untuk petani milenial yang akrab dengan teknologi," ujar Marzuki.

Sementara itu, Ketua Forum Pasar Tani Aceh, Benni Baihaqi menambahkan bahwa kunci sukses dalam bersaing di pasar yakni adanya branding yang konsisten.

Adanya branding yang kuat jelas menjadikan produk pertanian lebih dikenal oleh masyarakat secara luas.

Maka dari itu, dirinya terus mendorong kepada para pemuda yang menjadi peserta kegiatan AMANAH untuk berani memperkenalkan produk mereka dengan cara yang menarik.

“Kita harus berani melakukan branding agar produk kita dikenal dan dipercaya oleh konsumen," kata Benni.

Pada kesempatan yang sama, Duta Petani Andalan Kementan RI, Sandi Octa Susila memberikan apresiasi sangat tinggi pada program yang AMANAH jalankan.

Baginya program dan kegiatan yang AMANAH lakukan sangat bermanfaat untuk mengasah soft akill dan hard skill para petani muda.

Bahkan, menurut Sandi, program AMANAH menjadi titik penting adanya pengembangan pertanian di Aceh.

“Program ini merupakan titik penting dalam pengembangan pertanian di Aceh, dan saya berharap lebih banyak anak muda yang terinspirasi untuk terjun ke sektor pertanian," kata Sandi.

Tujuan utama dari kegiatan itu yakni untuk memberikan pemahaman kepada pemuda mengenai bagaimana potensi sektor pertanian.

Karena nyatanya, pertanian modern bisa menjadi salah satu pilihan tepat bagi karir yang menarik dan menjanjikan bagi anak muda.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda