AMANAH Cetak Generasi Muda yang Mampu Tunjukkan Kontribusi Positif untuk Daerah - BERITA JOGJA

Kamis, 11 Juli 2024

AMANAH Cetak Generasi Muda yang Mampu Tunjukkan Kontribusi Positif untuk Daerah

Oleh: Nazwa Putri*

Aceh Youth Creative Hub (AYCH) atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) terus berupaya untuk mencetak seluruh generasi muda yang mampu menunjukkan kontribusi positif mereka, khususnya demi pembangunan dan kemajuan daerah.

Hal tersebut lantaran terealisasinya pembangunan dan kemajuan daerah sendiri, tentunya tidak bisa lepas dari bagaimana peran serta keaktifan pemuda di wilayah tersebut dalam memberikan kontribusinya.

Sejatinya para generasi muda penerus bangsa di Indonesia ini memiliki banyak sekali talenta, potensi, bakat hingga kemampuan. Namun kerap kali seluruh terpendam dan tidak terdapat wadah yang baik untuk menyalurkannya. Menghadapi persoalan tersebut, Pemerintah melalui Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) kemudian menginisiasi program AMANAH.

Dengan adanya program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat tersebut, sekaligus mampu memberikan banyak sekali binaan, didikan dan gemblengan kepada para kaum muda agar mereka semakin terasah kemampuan terpendamnya sehingga bisa menunjukkan kontribusi positif bagi bangsa.

Banyak sekali kegiatan sangat positif yang AMANAH jalankan untuk terus mengembangkan seluruh potensi pemuda, yakni salah satunya adalah adanya kunjungan ke kampus-kampus, yang mana juga mengajak kerja sama perguruan tinggi setempat.

Baru-baru ini, program inisiasi lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan tersebut berkunjung ke Universitas Teuku Umar (UTU), Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat untuk memberikan kesempatan terbuka dengan sangat lebar bagi para pemuda dalam berkarya dan berkreasi.

Bukan hanya itu, namun dengan adanya kegiatan yang AMANAH selenggarakan tersebut, menjadikan para generasi muda mampu terus menggali motivasi dan inspirasi dari para tokoh muda berprestasi yang menjadi narasumber di sana.

Ketua Panitia kegiatan AMANAH Goes To Campus UTU, Muhammad Yusuf menyampaikan bahwa acara tersebut memang bertujuan untuk semakin membuka wawasan dan mendorong penuh semangat dari para kaum muda agar mereka terus berkarya dan berinovasi.

Selanjutnya, kegiatan sangat positif tersebut juga bisa menjadi sebuah momentum bagi para generasi muda penerus bangsa agar mereka semakin giat dalam karya dan mampu menunjukkan kontribusi aktifnya kepada pembangunan dan kemajuan daerah yang nantinya juga akan berdampak pada bangsa ini.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan AMANAH mampu mewadahi pengembangan minat dan bakat seluruh kaum muda di berbagai macam sektor, termasuk pada sektor fashion.

Hal tersebut terwujud dengan adanya program pembinaan untuk para fashion desainer. Salah satu perwakilan pemuda yang menjadi peserta dalam kegiatan itu, Asmayanti (27) mengungkapkan betapa dirinya sangat bahagia dan menuturkan besar rasa terima kasihnya kepada AMANAH karena sudah memberikan kesempatan yang sangat luar biasa.

Semua program yang Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat tersebut lakukan, tidak hanya bisa membantu pengembangan keterampilan kreatif para pemuda saja, namun juga sebagai wadah mempertemukan generasi muda secara langsung dengan para profesional di bidang masing-masing untuk memberikan bimbingan dan binaan.

Tentunya dengan adanya beragam kegiatan positif tersebut dari AMANAH, dapat semakin menambah pengalaman dan wawasan para pemuda serta memupuk semangat demi karir mereka untuk menunjukkan terus kontribusi positifnya bagi pembangunan, pengembangan dan kemajuan daerah.

Sementara itu, Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan UTU, Prof. Nyak Amir memberikan apresiasi yang sangat tinggi pada bagaimana berjalannya seluruh program pemberdayaan pemuda oleh BIN tersebut. Menurutnya, dengan adanya kegiatan itu menjadi momentum emas untuk terus mengembangkan potensi para penerus generasi muda bangsa.

Sebagai informasi, bahwa memang AMANAH memiliki tujuan utama untuk memfasilitasi pengembangan segala macam jenis potensi dan bakat terpendam yang para pemuda dan daerah miliki, baik itu sebagai sumber daya manusia (SDM) ataupun sumber daya alam (SDA).

Kedua potensi sangat melimpah tersebut, yakni SDM dan SDA akan terus dikelola dengan sangat maksimal demi kemajuan bangsa dan negara. Menjadikan keberadaan program tersebut tidak banya bangunan fisik semata, namun juga menjadi wadah bagi para pemuda untuk menyalurkan minat dan bakat mereka.

Adanya AMANAH menjadikan para pemuda kini memiliki katalisator akan kemajuan di berbagai sektor tanpa terkecuali, seperti, perkebunan, pertanian, perikanan, teknologi, pengembangan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga olahraga.

Adapun sembilan fungsi utama program inisiasi BIN tersebut, yakni menjadi pusat kreativitas bagi para pemuda, kemudian sebagai penyedia berbagai pelatihan dan workshop, inkubator bagi para pelaku UMKM, ruang kolaborasi, menyediakan galeri seni dan pameran, sentra teknologi, program kreatif berbasis lingkungan, kegiatan budaya dan seni hingga kemitraan dan jaringan.

Tidak henti-hentinya AMANAH terus berupaya untuk mencetak para generasi muda yang mampu memberikan kontribusi positif mereka demi pembangunan dan kemajuan serta peningkatan pengembangan daerahnya.

*) Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda