AMANAH Beri Kesempatan Kaum Muda Belajar Optimalisasi Bisnis Digital - BERITA JOGJA

Rabu, 03 Juli 2024

AMANAH Beri Kesempatan Kaum Muda Belajar Optimalisasi Bisnis Digital

Oleh: Teuku Ryan )*

Aceh Youth Creative Hub (AYCH) atau Pusat Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) terus memberikan kesempatan bagi para kaum muda untuk bisa belajar mengenai bagaimana caranya mengoptimalisasi bisnis secara digital.

Adanya kemampuan untuk melakukan optimalisasi bisnis secara digital jelas merupakan keterampilan yang sangat penting, utamanya di masa sekarang, karena saat ini seluruh aspek bergantung pada teknologi dan digitalisasi, termasuk juga kegiatan perekonomian.

Oleh karenanya, ketika para kaum muda tersebut sudah menguasai dengan mantap bagaimana caranya mengoptimalisasi bisnis digital dengan baik, maka bukan tidak mungkin, pemuda tersebut akan bisa memimpin atau menjadi tonggak berjalannya sektor ekonomi di wilayah mereka. Seluruhnya tentu berkat keberadaan AMANAH.

Sampai saat ini, progres pembangunan Gedung AMANAH terus mencatatkan hal yang positif, yakni kini sudah mencapai hingga 70 persen dengan target penyelesaian bulan Juli. Saat ini, tim sudah selesai melakukan pengerjaan pada konstruksi dan struktur bangunan.

Terdapat 9 area yang telah mengalami pembangunan dan sudah berdiri, yakni gedung multi fungsi, gedung utama, asrama putra dan putri, musholla, bangunan rumah kaca, penyulingan, ground water tank hingga rumah genset.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto berharap dengan adanya Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat tersebut nantinya bisa menjadikan seluruh generasi muda di sana mendapatkan banyak pelatihan untuk semakin meningkatkan kemandirian, kompetensi dan profesionalisme mereka.

Dengan demikian, ketika para kaum muda tersebut sudah terlatih mandiri, meningkatkan kompetensi dan profesional sejak sedini mungkin, maka bukan tidak mungkin mereka akan bisa menjadi pelaku wirausaha atau entrepreneur muda yang sukses.

Nantinya, generasi muda penerus bangsa itu juga akan mengenal bagaimana cara mengelola dan memasarkan produk secara digital, termasuk juga memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pengembangan usaha mereka.

Terdapat beberapa bidang dari para anak muda itu yang akan terus mendapatkan peningkatan dan pengembangan melalui AMANAH, yakni bidang kreatif, riset dan teknologi, kewirausahaan, industri kreatif, pendidikan, literasi, budaya dan juga bahasa.

Pengajaran akan ilmu digital marketing dan entrepreneurship juga terjadi dalam pelatihan Nilam di Atsiri Research Center (ARC) Universitas Syiah Kuala (USK). Dalam pelatihan tersebut mencakup beberapa materi berharga.

Dosen ekonomi USK, Iskandarsyah Madjid menyampaikan bahwa sangat penting adanya kemampuan untuk berjualan dalam era digital seperti sekarang. Oleh karenanya, wawasan mendalam mengenai strategi pemasaran digital.

Karena, meski mereka memiliki produk yang sangat bagus sekalipun, namun jika hal tersebut tidak akan laku terjual apabila tidak juga mempunyai kemampuan dalam berualan. Terlebih saat ini teknologi juga sudah semakin maju, maka sudah pasti menuntut kaum muda itu untuk segera menguasai pemasaran dari sisi digital.

Ketika mereka sudah mahir dalam berjualan atau berbisnis di dunia digital, maka jelas akan semakin membuat pasar yang mereka miliki lebih luas, lebih efisien dan juga memungkinkan semakin banyak orang mampu mengetahui produk yang mereka miliki.

Hal penting lainnya dalam bisnis digital menurut CEO PT. Biona Ceudah Rupa, Adinda Gusti Vonna bahwa strategi penetapan harga dan pengendalian kualitas produk, serta mengetahui di mana letak segmentasi pasar menjadi kunci suksesnya berbisnis.

Tatkala penetapan harga sudah sesuai, maka secara otomatis akan membentuk target pasar. Kemudian apabila para pelaku bisnis tersebut sudah mengetahui siapa target pasar mereka, maka mereka akan jauh lebih mudah menentukan bagaimana strategi pemasaran produknya sehingga mampu menjangkau konsumen.

Pemahaman akan digital marketing jelas mampu berkontribusi besar dalam membekali para kaum muda dengan ilmu dan keterampilan yang esensial untuk bisa meraih kesuksesan dalam dunia bisnis.

Selain itu, ada pula kegiatan yang berlangsung pada tanggal 3 Juli 2024 bertempat di Gedung Aula MIPA Universitas Syiah Kuala (USK) Kota Banda Aceh mengenai Business Class Mentoring. Kaum muda mendapatkan didikan untuk mengupas tuntas perihal bisnis dari para mentor yang sangat berkompeten di bidang mereka.

Berbagai hal menjadi bahasan, utamanya bagaimana caranya mengembangkan dan melakukan optimalisasi pada bisnis digital, seperti melakukan scalling up dengan branding produk yang baik sehingga semakin mendongkrak transaksi dalam bisnis yang berjalan tersebut.

Tidak hanya itu, AMANAH juga memberikan pelatihan kepada anak muda mengenai bagaimana caranya membuat konten yang benar, agar bisnis mereka di dunia digital mampu menarik banyak perhatian calon konsumennya. Lebih lanjut, ada pula pembahasan mengenai bagaimana menerapkan packaging yang menarik bagi para pelanggan dan juga strategi melakukan marketing yang efektif.

Kesempatan terus AMANAH buka dengan sangat lebar, khususnya kepada seluruh kaum muda agar mereka bisa terus belajar dalam berbagai bidang, demi kemandirian perekonomian daerahnya. Termasuk juga terus menjaga relevansi dengan jaman saat ini, seperti adanya pelatihan optimalisasi bisnis digital.

)* Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik Universitas Malikussaleh (Unimal)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda