Sejumlah Lembaga Rilis Survei Capres Terbaru, Elektabilitas Ganjar Merajai di Jatim dan Jateng - BERITA JOGJA

Minggu, 05 November 2023

Sejumlah Lembaga Rilis Survei Capres Terbaru, Elektabilitas Ganjar Merajai di Jatim dan Jateng

JAKARTA — Sejumlah lembaga survei independen telah merilis hasil jajak pendapat terbaru yang telah mereka lakukan. Hasilnya adalah elektabilitas dari Ganjar Pranowo ternyata terus merajai di Provinsi Jawa Timur dan juga Jawa Tengah.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) menggambarkan bahwa Jatim masih didominasi oleh Ganjar Pranowo dengan besaran angka elektoral hingga 50,2 persen.

Sama halnya di Jateng hingga DI Yogyakarta, yang mana dominasi dari Capres yang diusung oleh koalisi PDI Perjuangan itu mencapai angka hingga 50,8 persen.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan mengatakan bahwa memang pasangan Ganjar-Mahfud memiliki suara paling banyak jika dibandingkan dengan kandidat lainnya.

“Ganjar unggul di Jawa Tengah DIY dan Jawa Timur,” katanya.

Selain itu, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia bahwa angka elektoral dari Ganjar Pranowo di Jawa Timur merajai dengan 44,5 persen serta di Jawa Tengah dan DIY dengan 64 persen suara.

Hal tersebut menunjukkan bagaimana dukungan yang sangat besar terus mengalir dari masyarakat di Jawa Timur dan Jawa Tengah kepada sosok mantan Gubernur Jateng selama dua periode itu.

Direktur Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi menjelaskan bahwa memang Ganjar-Mahfud masih belum terkalahkan di Jatim dan Jateng.

“Sementara Anies hanya unggul di DKI Jakarta, sedangkan Ganjar unggul di 3 provinsi yakni DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” katanya.

Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar, Sandiaga Uno kemudian mengungkapkan bahwa pihaknya memang memiliki beberapa strategi untuk terus mendongkrak suara pasangan Capres-Cawapres tersebut.

Salah satu langkah untuk bisa terus mendongkrak suara di Jatim dan Jateng adalah dengan melalui ekonomi kreatif.

“(Untuk memenangkan suara Ganjar-Mahfud MD) di Jawa Tengah dan Jawa Timur ialah dengan ekonomi kreatif. Dengan cara ini masyarakat akan mampu berpikir positif,” ungkap Sandi.

Baginya, menggunakan ekonomi kreatif memang merupakan sebuah langkah yang sangat tepat karena masyarakat sendiri juga sangat menginginkan untuk bisa memajukan sektor ekraf di Tanah Air.

Hal serupa juga akan dilakukan Sandi di wilayah Jawa Barat dan Sumatera Barat untuk mendongkrak suara kemenangan Ganjar-Mahfud MD. Ia akan bekerja keras untuk menggaet suara di dua provinsi besar di Tanah Air ini.

“Tentu kita harus kerja keras, kerja tuntas karena ini adalah dua provinsi yang sangat besar jumlah pemilihnya. Saya berharap semua yang memiliki kesamaan pandang bisa membangun Indonesia menuju Indonesia Emas 2045, dan bisa menjatuhkan pilihannya untuk mengharapkan ekonomi yang lebih baik, harga-harga murah, kerja mudah dan hidup berkah,” tutupnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda