Tokoh Pemuda : PYCH Tunjukkan Komitmen Pemerintah Dukung Pemuda Papua Kian Cemerlang - BERITA JOGJA

Rabu, 15 Maret 2023

Tokoh Pemuda : PYCH Tunjukkan Komitmen Pemerintah Dukung Pemuda Papua Kian Cemerlang

Papua – Tokoh pemuda Papua, sekaligus Koordinator Papua Muda Inspiratif (PMI) Provinsi Papua Barat, Simon Tabuni menyambut antusias rencana Presiden Jokowi meresmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN).

Terkait hal itu, dia menganggap PYCH sebagai bukti konkret komitmen pemerintah untuk mendukung pemuda Papua.

"PYCH adalah salah satu contoh konkret dukungan pemerintah kepada pemuda Papua untuk mengembangkan potensi dan bakat mereka di bidang industri kreatif. Saya sangat mengapresiasi inisiatif ini dan berharap dapat memberikan kesempatan kepada anak muda Papua untuk mengembangkan bakat dan potensi mereka," ujar Simon.

Selain itu, Simon juga menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur pendidikan dan pelatihan di Papua untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda Papua.

Menurutnya, pendidikan dan pelatihan yang berkualitas akan membuka peluang-peluang baru bagi pemuda Papua untuk meraih prestasi dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

"Pemerintah harus terus memperkuat dukungan untuk pembangunan infrastruktur pendidikan dan pelatihan di Papua. Hal ini akan membuka peluang-peluang baru bagi anak muda Papua untuk mengembangkan bakat dan potensi mereka, serta memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Papua dan Indonesia secara keseluruhan," pungkas Simon.

Simon Tabuni sendiri merupakan salah satu contoh sukses dari anak muda Papua yang berhasil meraih prestasi dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Ia adalah wirausahawan muda yang menjalankan bisnis penjualan pangan sayuran secara daring bernama Anggi Mart di Kelurahan Amban Manokwari.

Usaha Simon dan kawan-kawannya tidak saja meningkatkan pemasaran produk petani sekitar, tetapi juga membantu peningkatan lapangan kerja bagi jasa pengiriman melalui ojek di Manokwari.

Dengan dukungan pemerintah dan inisiatif seperti PYCH, diharapkan akan semakin banyak lagi anak muda Papua yang dapat mengembangkan bakat dan potensi mereka dan menjadi pemuda inspiratif bagi generasi mendatang.

Sebagai informasi, PYCH adalah pusat kreativitas yang didedikasikan untuk para pelaku industri kreatif di Papua. Fasilitas ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gedung asrama, ruangan untuk produk UMKM, pelatihan, rapat, ruang serbaguna, co-working space, pembelajaran teknologi hingga perpustakaan, dan berbagai fasilitas lainnya yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan industri kreatif.

***

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda