PYCH Papua Untuk Pengembangan Talenta Muda Siap Diresmikan - BERITA JOGJA

Jumat, 17 Maret 2023

PYCH Papua Untuk Pengembangan Talenta Muda Siap Diresmikan

Jayapura - Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Gedung yang terletak di Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua itu digagas oleh Papua Muda Inspiratif (PMI) binaan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk mengembangkan talenta – talenta pemuda Papua.

Perwakilan PMI Elia Musa Rawar mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan karena telah membantu anak muda Papua memiliki sarana dan prasarana dalam menunjang fondasi pembangunan kesejahteraan masyarakat di tanah Papua.
 
"Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Presiden Jokowi dan kepada Kepala BIN Pak Budi Gunawan atas terlaksananya pembangunan Gedung PYCH ini," ujarnya.
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan, masih banyak potensi Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas di Papua yang belum tergali dan dikembangkan.
 
Oleh karena itu, Presiden Jokowi membangun fasilitas PYCH yang diharapkan dapat menjadi motor penggerak sekaligus pusat pengembangan SDM, khususnya talenta – talenta muda muda, di Papua.
 
"Banyak bibit unggul dengan talenta yang sangat baik di Papua dan Papua Barat baik di bidang sains, seni budaya, maupun bidang olahraga, dan ini menjadi tugas besar kita semua untuk menyiapkan manajemen talenta yang baik untuk menata, di sinilah nanti peran PYCH," kata Presiden Jokowi.

Melalui PYCH, pemerintah berharap, anak muda setempat dapat berkontribusi dalam menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan.

Peletakan batu pertama pembangunan Gedung PYCH telah dilakukan Presiden Jokowi pada bulan Oktober 2021 silam.

Pembangunan PYCH ini merupakan perwujudan tindak lanjut dari instruksi Presiden Jokowi. Selanjutnya, pemerintah pusat mendukung pembangunan PYCH sebagai wadah bagi pemuda-pemudi Papua dalam pengembangan teknologi, inovasi, maupun produk-produk lokal Papua.

Sementara itu, BIN yang membina anak muda di PMI, mendukung pembangunan gedung yang bakal menjadi pusat pengembangan diri talenta muda di wilayah berjuluk Bumi Cenderawasih tersebut.
 
BIN juga turut aktif dalam berbagai program PYCH dalam rangka membina PMI untuk mengembangkan berbagai potensi pemuda-pemudi Papua untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.
 
Diharapkan, PYCH dapat menjadi motor penggerak dan berfungsi sebagai pusat pengembangan talenta-talenta muda di Papua. Selain itu, PYCH dapat berperan sebagai pusat kreativitas bagi generasi muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi dan teknologi yang baik. Di dalam Gedung PYCH juga dilakukan kegiatan Pendidikan, Kesehatan UMKM dan Industri Kreatif.

Selain itu juga, sejumlah kegiatan di beberapa daerah di Papua juga terus dikembangkan dalam lingkup binaan PMI dan BIN.  Bukan hanya peresmian Gedung PYCH di Kabupaten Jayapura, ada juga pertanian Jagung di Kampung Sitori Kab. Tambrauw Papua Barat Daya, peternakan ayam petelur Kabupaten Jayapura, peternakan Babi Milik Albert Burwas Kabupaten Manokwari Papua Barat, Bengkel Sapi PMI distrik Bomberay Kab. Fak – Fak, dan pedampingan UMKM dari Sanggar dan Galeri Generasi Akhir Zaman (GAZ) Kab. Merauke.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda