Manfaat Perppu Cipta Kerja Bantu Indonesia Menjadi Negara Maju - BERITA JOGJA

Jumat, 17 Maret 2023

Manfaat Perppu Cipta Kerja Bantu Indonesia Menjadi Negara Maju

Oleh : Arzan Malik Narendra )*

Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) nomor 2 Tahun 2022 baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi akhir tahun lalu. Pemerintah mengklaim Perppu tersebut menggantikan UU nomor 11 tahun 2020 (UU Cipta Kerja). Perppu ini sangat penting bagi rakyat, karena akan membuat Indonesia jadi negara maju. Penyebabnya karena berkat Perppu ini makin banyak investor yang masuk ke Indonesia dan menambah lapangan kerja, sehingga rakyat makin makmur dan maju.

Setelah Perppu Cipta Kerja disahkan pada 30 Desember 2022, masyarakat terkejut karena seolah-olah peresmiannya secara mendadak. Padahal pemerintah sudah merencanakannya dengan matang dan Perppu ini dipasang sebagai pengganti UU Cipta Kerja. Perppu Cipta Kerja dijamin tidak merugikan masyarakat dan tidak ada perubahan ke arah yang lebih buruk.

Dengan pengesahan Perppu Cipta Kerja maka perekonomian rakyat akan menjadi lebih baik. Untuk memberikan pengertian akan manfaat Perppu Cipta Kerja maka pemerintah membuat sosialisasi aturan ini di beberapa kota.

Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja, baru-baru ini telah menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk membahas penetapan Perppu Cipta Kerja dan aturan terkaitnya dalam perspektif ekonomi dan hukum, bersama dengan kalangan intelektual di Bali. Digelar pada Jumat 10 Maret 2023, kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Satgas UU Cipta Kerja, Arif Budimanta

Pakar Ekonomi Universitas Udayana, I Gusti Wayan Murjana kemudian menyatakan bahwa tujuan dari lahirnya Perppu Cipta Kerja merupakan upaya dari pemerintah dalam mencapai tujuan besar, yakni menjadikan Indonesia sebagai negara maju pada 2045. Perppu ini sudah mampu meningkatkan investasi di Indonesia.

I Gusti Wayan Murjana melanjutkan, hal ini dilihat dari adanya UU Cipta Kerja pada tahun 2020. Semenjak adanya UU Cipta Kerja pada tahun 2020, nilai investasi meningkat jauh pada tahun 2021 meskipun masih terjadi pandemi. Sehingga menjadi penting bagi perekonomian Indonesia.

Perppu Cipta Kerja adalah cara jitu pemerintah untuk bangkit di bidang ekonomi dan investasi, karena UU ini memiliki klaster investasi. Dengan berbagai kemudahan dalam pengurusan izin investasi, maka diharap akan jadi stimulus bagi para investor. Tak hanya investor kelas teri tetapi juga kelas kakap alias para penanam modal yang berani menyuntikkan dana besar di Indonesia.

Perppu Cipta Kerja membawa berkah karena para investor kelas kakap masuk ke Indonesia dan nilai investasinya sangat besar, hingga jutaan dollar Amerika. Para penanam modal asing seperti Elon Musk juga akan membangun pabrik baterai mobil listrik. Investasi besar dari Elon Musk sangat diharapkan karena nilainya pasti sangat tinggi dan ia adalah salah satu orang terkaya di dunia.

Dengan banyaknya investor yang masuk ke Indonesia maka akan sangat bagus karena investasi menunjukkan kemajuan suatu negara. Para investor percaya akan kemampuan pemerintahan Presiden Jokowi, karena dijamin oleh Perppu Cipta Kerja. Mereka menanamkan modalnya karena mendapatkan garansi langsung dari sang presiden.

Jika banyak investor maka Indonesia akan lebih maju karena banyak infrastruktur dan pabrik yang dibangun. Infrastruktur akan memudahkan mobilitas masyarakat sehingga pekerjaan rakyat juga lancar, serta kinerjanya naik. Sementara pabrik-pabrik hasil investasi akan membuat perekonomian negara naik karena perputaran uang akan lebih cepat.

Sementara itu, Pakar Ketenagakerjaan Universitas Gadjah Mada Prof Tadjuddin Noer Effendi menyampaikan bonus demografi yang dapat dimanfaatkan oleh Indonesia perlu ditopang oleh situasi ketenagakerjaan yang kondusif.  Menurutnya, penciptaan lapangan kerja menjadi sesuatu yang urgent dan harus dilakukan oleh Pemerintah Indonesia. Perppu Cipta Kerja jadi jawaban atas persolan tersebut.

Perppu Cipta Kerja jadi solusi karena jika banyak pabrik hasil investasi yang dibangun, otomatis butuh banyak karyawan. Situasi ini akan menyerap tenaga kerja dan menurunkan angka pengangguran di Indonesia. Bonus demografi berupa angka kelahiran yang tinggi juga tak masalah karena masyarakat dalam usia aktif bisa mendapatkan pekerjaan, dengan melamar ke pabrik hasil investasi tersebut.

Saat masyarakat mendapatkan pekerjaan maka Indonesia makin maju di bidang ekonomi. Penyebabnya karena mereka memiliki gaji tetap dan bisa membeli sembako serta berbagai kebutuhan lain.

Jika masyarakat punya gaji tetap maka roda perekonomian akan tetap bergulir karena pasar akan terus ramai, dan rakyat tak kesulitan untuk sekadar beli beras. Perekonomian Indonesia akan terus maju jika keadaan seperti ini. Oleh karena itu Perppu Cipta Kerja sangat penting karena memberi efek domino positif bagi kondisi finansial rakyat di negeri ini.

Perppu Cipta Kerja membantu Indonesia jadi negara maju. Penyebabnya karena dalam Perppu ini terdapat klaster investasi yang akan menaikkan kepercayaan para investor. Mereka yakin untuk menanamkan modalnya di Indonesia karena ada garansi dari Presiden Jokowi. Dengan hasil investasi maka pabrik-pabrik akan dibangun dan memajukan Indonesia, terutama dari segi ekonomi.

)* Penulis adalah kontributor Lembaga Siber Nusa

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda