BIN Dorong Kemajuan dan Kesejahteraan SDM Papua Melalui PYCH - BERITA JOGJA

Minggu, 12 Maret 2023

BIN Dorong Kemajuan dan Kesejahteraan SDM Papua Melalui PYCH

Oleh : Timotius Gobay )*

Peran Badan Intelijen Negara (BIN) melalui Kepala BIN, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan untuk bisa terus mendorong kesejahteraan dan kemajuan SDM di Tanah Papua terus dilakukan. Salah satunya adalah melalui adanya pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang dalam waktu dekat akan segera diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Pembangunan Gedung PYCH terus dilakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Gedung tersebut memang bisa dikategorikan ke dalam sebuah gedung yang cukup megah, dan juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap, yang mana seluruhnya memang ditujukan untuk bisa terus mendukung minat, bakat dan juga pengembangan kreativitas dari para generasi muda di Tanah Papua.

Gedung PYCH sendiri nantinya akan digunakan dan juga dimanfaatkan oleh organisasi Papua Muda Inspiratif (PMI) dalam menjalankan seluruh program kerja yang mereka miliki dan tentunya pasti memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dari masyarakat di Papua dan juga Papua Barat.

Mengenai pembangunan Gedung PYCH tersebut, Sekretaris PMI Provinsi Papua, Vitha Faidiban menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden RI, Joko Widodo dan juga Kepala BIN, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan atas dukungan mereka dalam pembangunan Gedung PYCH. Menurutnya gedung tersebut sangat luar biasa dan sangat membantu para anak muda Papua dalam berkreasi.

Senada, Koordinator PMI Provinsi Papua Barat, Simon Tabuni juga mengutarakan bahwa memang Gedung PYCH akan mampu menjadi sebuah wadah bagi para generasi muda untuk mengembangkan diri mereka, minat hingga bakat mereka, sehingga semuanya bisa ikut serta dalam memajukan Tanah Papua. Dirinya pun berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan Kepala BIN lantaran memang pembangunan gedung PYCH sendiri merupakan hasil dari arahan, gagasan serta dukungan dari Presiden Jokowi dan Kepala BIN, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya.

Dengan adanya fasilitas yang sangat lengkap dalam Gedung PYCH itu, tentunya pihak BIN benar-benar membuktikan komitmen kuatnya untuk bisa terus memajukan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Bumi Cenderawasih, termasuk juga mampu untuk terus berupaya mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di Tanah Papua dengan segenap pembinaan dan bimbingan.

Salah satu organisasi yang berada langsung di bawah binaan BIN, yakni PMI yang juga merupakan pengelola yang akan memanfaatkan gedung PYCH juga akan terus melakukan serangkaian langkah kolaborasi dan mereka juga terus melakukan pengembangan diri hingga mampu terus menjadi motor pengembangan SDM muda di Papua.

Pengelolaan PMI sebagai organisasi pemuda di bawah binaan BIN dalam menjalankan seluruh aktivitas di Gedung PYCH nantinya akan terus difokuskan supaya tempat tersebut bisa menjadi sebuah tempat untuk bisa meningkatkan kreativitas dan juga inovasi yang dimiliki oleh para generasi muda Papua, dan mereka mampu memanfaatkan seluruh fasilitas lengkap untuk peningkatan SDM.

Menurut Simon Tabuni, ketika para generasi muda bisa bergerak dan turut serta berkontribusi melalui banyak ide kreatif yang mereka miliki, maka tentunya pembangunan akan bisa berjalan dengan lancar dan juga masyarakat akan mengalami peningkatan kesejahteraan ekonomi, yang mana itu semua sudah sejalan dengan gagasan dari BIN untuk bisa turut memajukan ekonomi dan SDM di Bumi Cenderawasih.

Bagaimana tidak, lantaran PMI sendiri juga terus mendorong para anak muda dan masyarakat setempat untuk bisa terus mengembangkan peluang dan potensi yang ada untuk bisa mencapai peningkatan kesejahteraan ekonomi, diantaranya adalah dengan melakukan pengelolaan pada peternakan babi.

Hal tersebut lantaran menurut Anggota PMI, Albert Burwos bahwa memang ternak babi di Manokwari memiliki peluang yang besar karena masyarakat membutuhkannya. Bahkan kini sudah ada sebanyak 35 ekor babi yang diternakkan, yang mana seluruhnya berjalan dengan dukungan dari PMI, pendampingan dari BIN, Polda, Pemda dan sejumlah pihak lain.

Perlu diketahui, peresmian gedung PYCH mendatang  akan langsung dilakukan oleh Presiden Jokowi. Terkait hal itu, Procjet Manager Bidang Industri Kreatif PMI, Aksamina Woisri terus melakukan pengumpulan bakat dan talenta para anak muda untuk bisa turut meramaian rangkaian pre-event peresmian gedung PYCH tersebut.

Menurutnya, pihak PMI yang merupakan binaan dari BIN akan mampu terus mendorong lahirnya banyak talenta muda Papua dalam banyak bidang, termasuk kesenian dan juga terus mendorong prestasi Papua. seluruh talenta yang juga turut dikembangkan oleh BIN tersebut akan menjadi penggerak pembangunan masa depan.

Tentunya dengan adanya peresmian gedung PYCH yang sebentar lagi akan dilakukan tersebut, maka kesejahteraan perekonomian masyarakat di Papua, serta upaya untuk terus mengembangkan SDM Bumi Cenderawasih mampu untuk bisa terwujud. Seluruh hal tersebut juga tidak bisa dilepaskan dari bagaimana peranan Kepala BIN, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan selaku penggagas gedung tersebut.

)* Penulis adalah Mahasiswa Papua tinggal di Gorontalo

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda