Antusiasme Sambut Pembangunan Papua Youth Creative Hub - BERITA JOGJA

Senin, 06 Maret 2023

Antusiasme Sambut Pembangunan Papua Youth Creative Hub

Oleh : Rebecca Marian )*

Anak muda dan masyarakat Papua memiliki antusiasme yang sangat tinggi dalam menyambut pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH), karena dianggap menjadi wadah bagi peningkatan minat dan bakat sehingga berkontribusi pula pada peningkatan kesejahteraan rakyat di Bumi Cenderawasih.

Upaya Pemerintah Republik Indonesia dalam melakukan pemerataan pembangunan mulai dari ujung Barat hingga Timur Indonesia semakin hari semakin terlihat. Bahkan bisa dikatakan bahwa upaya pemerataan tersebut bukan hanya sebatas wacana saja, melainkan pemerataan itu kini juga telah benar-benar direalisasikan.

Dengan berbagai macam realisasi dari upaya pemerataan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah RI di seluruh pelosok negeri, upaya tersebut kini telah memberikan banyak sekali manfaat kepada seluruh masyarakat di Tanah Air, khususnya untuk masyarakat setempat di wilayah pemerataan dan pembangunan itu dilakukan.

Di Bumi Cenderawasih, Papua, Pemerintah RI terus memajukan pembangunan infrastruktur yang bertujuan untuk bisa terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu dilakukan dengan cara membuka keterisolasian wilayah serta juga meningkatkan akses dan konektivitas, baik itu dari jalur darat maupun dari multimoda.

Hasil dari pembangunan infrastruktur dalam peningkatan akses dan konektivitas tersebut, Papua sekarang sudah memiliki jalan, jembatan, permukiman hingga fasilitas umum yang sama sekali tidak kalah dengan fasilitas yang ada di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Terlebih, ke depannya memang pembangunan infrastruktur tersebut terus saja dilakukan di Tanah Papua juga disertai dengan adanya pemerataan dan juga peningkatan kualitas dari sumber daya manusia (SDM) setempat. Pasalnya, tidak bisa dipungkiri bahwa memang SDM yang berkualitas tersebut akan dapat membantu ketepatan pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang sangat melimpah di Bumi Cenderawasih. Dengan begitu, maka kesejahteraan masyarakat setempat pun juga dapat terus meningkat.

Mengetahui bagaimana pentingnya pembangunan dan pengembangan SDM untuk bisa mengelola kekayaan alam yang melimpah di Tanah Papua, maka Pemerintah RI juga terus berupaya untuk meningkatkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan pembangunan gdung PYCH.

Terkait pembangunan gedung PYCH itu, Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Letjen TNI (Purn) Teddy Lhaksmana Widya Kusuma memastikan bahwa gedung PYCH di Jayapura telah siap untuk diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Dalam keterangan tertulisnya, Teddy menyatakan bahwa dirinya telah melakukan peninjauan dan juga pengecekan semua aspek, termasuk juga untuk memastikan seluruh persiapan akan peresmian agar bisa dijalankan dengan lebih sempurna.

Ditambahkannya bahwa seluruh fasilitas bagi para anak muda di Papua untuk bisa terus mengembangkan minat dan bakat mereka seperti adanya ruangan studio podcast sudah bisa digunakan, termasuk juga ada ruang seni dan hiburan yang di dalamnya terdapat studio foto.

Bukan hanya itu, Wakil Kepala BIN juga telah melakukan pengecekan pada ruangan bahasa, ruangan coding dan programming, ruangan pelatihan, ruang kelas, PYCH Cafe, ruang serbaguna, ruang pemasaran, asrama hingga fasilitas olahraga seperti lapangan basket dan futsal.

Dirinya memberikan apresiasi yang tinggi atas bagaimana konstruksi bagunan hingga fasilitas yang ada di keseluruhan gedung PYCH tersebut. Teddy juga memuji adanya banyak produk UMKM dari para anak muda Papua dan juga sejumlah aplikasi yang dibuat oleh organisasi Papua Muda Inspiratif (PMI).

Kesiapan memang sudah dapat dipastikan dan hanya tinggal menunggu peresmiannya saja. Maka dari itu, para anak muda dan masyarakat di Papua menyambut dengan penuh antusias akan pembangunan gedung PYCH tersebut, termasuk upaya pemerintah untuk kembali membangunnya di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Menurut Koordinator Papua Muda Inspiratif (PMI) Provinsi Papua Barat, Simon Tabuni, gedung PYCH di Manokrawi memang akan menjadi sebuah wadah bagi anak muda untuk bisa terus mengembangkan diri, minat dan juga bakat mereka sehingga bisa turut serta dalam memajukan Tanah Papua.

PMI juga berterimakasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan, atas pembangunan gedung PYCH itu. Lantaran memang pembangunan gedung PYCH di Kabupaten Manokrawi sendiri merupakan arahan, gagasan dan dukungan langsung dari Presiden Jokowi dan Kepala BIN.

Karena akan sangat membawa banyak perubahan menuju ke arah yang lebih baik dan mampu menjadi wadah atas peningkatan minat dan bakat dari para generasi muda Papua serta nantinya akan berkontribusi secara langsung untuk peningkatan kesejahteraan di Bumi Cenderawasih, pembangunan gedung PYCH disambut dengan penuh rasa suka cita serta antusiasme yang sangat tinggi oleh masyarakat dan anak muda Papua.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Jakarta

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda