Antusiasme Jelang Peresmian, Gedung PYCH Dinilai Mampu Majukan Generasi Muda Papua - BERITA JOGJA

Senin, 13 Maret 2023

Antusiasme Jelang Peresmian, Gedung PYCH Dinilai Mampu Majukan Generasi Muda Papua

Oleh : Rebecca Marian )*

Antusiasme dan apresiasi sangat banyak mengalir dari berbagai pihak mengenai pembangunan Gedung PYCH, bahkan menjelang peresmian infrastruktur tersebut yang akan dilakukan oleh Presiden Jokowi. Para anak muda Papua menilai bahwa dengan adanya fasilitas tersebut jelas mampu memajukan para generasi muda Bumi Cenderawasih.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya mendukung pembangunan pusat pengembangan kreativitas pemuda/pemudi Papua atau Papua Youth Creative Hub. Presiden Jokowi menyampaikan  pembangunan Papua Youth Creative Hub merupakan tindaklanjut pertemuan Presiden Jokowi dengan pemuda-pemudi Papua di Istana Negara pada September 2019 lalu. Selanjutnya pemerintah pusat mendukung pembangunan pusat kreativitas untuk memberikan porsi ruang yang lebih bagi pemuda/pemudi Papua dan Papua Barat dalam pengembangan teknologi, inovasi maupun produk-produk lokal Papua.

Menurut Presiden Jokowi, memang banyak sekali bibit unggul dengan talenta yang sangat baik di Papua dan juga Papua Barat bahkan pada berbagai macam bidang seperti sains, seni budaya hingga banyak macam olahraga. Kemudian tinggal menjadi tugas dari Pemerintah RI dan segenap elemen bangsa lainnya untuk bisa terus menyiapkan bagaimana manajemen talenta tersebut termasuk juga melakukan penataannya, yang mana itu adalah peranan dari PYCH nantinya. Kementerian PUPR

Presiden berharap Papua Youth Creative Hub bisa menjadi motor penggerak, bisa menjadi pusat pengembangan talenta-talenta muda di Tanah Papua serta sebagai pusat kreativitas anak-anak muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi dan teknologi yang baik.

Ketika seluruh upaya tersebut, yakni pembangunan hingga pembentukan lembaga Papua Youth Creative Hub telah siap, dirinya kemudian berharap supaya bisa segera dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk melakukan pengembangan pada sumber daya manusia (SDM) yang ada di Tanah Papua.

Menjelang adanya peresmian Gedung PYCH yang akan langsung dilakukan oleh Presiden Jokowi, kemudian pihak Papua Muda Inspiratif (PMI) banyak melakukan persiapan, salah satunya adalah menggelar workshop fotografi bagi anak muda Papua. Terkait hal tersebut, Project Manager Bidang Industri Kreatif PMI, Aksamina Woisiri mengatakan bahwa para peserta dilatih dengan fotografer profesional, yakni Alfintolfer.

Alfintolfer sendiri mengaku bahwa dirinya sangat senang lantaran bisa diberikan kesempatan untuk menjadi narasumber, terlebih ketika melihat bagaimana antusiasme begitu tinggi dimiliki oleh para anak muda di Papua ketika mengikuti workshop tersebut. Dia berharap dengan seluruh materi yang telah disampaikan bisa segera diimplementasikan, sehingga para peserta mampu memotret keindahan Tanah Papua serta dapat pula mempromosikannya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa memang Papua memiliki kekayaan dari banyak sekali sisi, termasuk dari sisi kekayaan sunber daya alamnya (SDA), dari sisi entiknya, dari sisi pakaian, bahasa dan sebagainya. Sehingga ketika para anak muda tersebut bisa benar-benar serius mempelajari fotografi, bukan tidak mungkin promosi Papua akan semakin menarik dan juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bumi Cenderawasih.

Kegiatan workshop fotografi iru merupakan salah satu dari banyak rangkaian pre-event yang diadakan oleh PMI menjelang adanya peresmian Gedung PYCH oleh Presiden Jokowi. Pihak Papua Muda Inspiratif kemudian menyampaikan terimah kasihnya kepada Presiden Jokowi dan kepada Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jend Pol (Purn) Budi Gunawan atas seluruh dukungan yang telah diberikan kepada PMI.

Sehingga dengan adanya dukungan penuh tersebut PMI mampu merealisasi semua program kerja mereka, termasuk juga mengisi dan memanfaatkan adanya Gedung PYCH. Sebagai informasi, gedung itu memang akan digunakan dan dimanfaatkan oleh PMI dalam menjalankan program kerja mereka, yang mana akan berkolaborasi, mengembangkan diri dan mampu terus menjadi motor pengembangan SDM muda di Tanah Papua.

Sementara itu, Anak muda yang tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI) tengah mempersiapkan penampilan terbaik untuk acara peresmian gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH). Penampilan yang disiapkan PMI di antaranya Paskibra hingga yel-yel ekspresi nasionalisme dan cinta Tanah Air. Kesempatan ini juga menjadi ajang  pelatihan Event Organizer (EO) bagi para pengurus dan anggota PMI.

Salah satu anggota Paskibraka, Eliesher menyambut gembira peresmian gedung PYCH yang akan menjadi sarana  pengembangan kreativitas dan ilmu pengetahuan anak muda Papua itu. Dirinya menyambut dengan sangat baik gagasan dari Kepala BIN untuk membangun Gedung PYCH dan mengaku bahwa hal tersebut sangat mampu memajukan Tanah Papua. Dia juga berharap semoga Papua ke depannya bisa memiliki daya saing yang semakin banyak.

Untuk bisa memajukan SDM muda Papua, Pemerintah bersama dengan BIN kemudian melakukan pembangunan Gedung PYCH, yang mana menjelang peresmiannya oleh Presiden Jokowi telah banyak mendapatkan dukungan, antusiasme hingga apresiasi yang sangat besar dari berbagai pihak. Tentunya dengan adanya infrastruktur tersebut juga akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bumi Cenderawasih.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Yogyakarta

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda