Akan Diresmikan Jokowi, PYCH Jadi Simbol Pembangunan SDM Papua - BERITA JOGJA

Jumat, 17 Maret 2023

Akan Diresmikan Jokowi, PYCH Jadi Simbol Pembangunan SDM Papua

Jayapura - Presiden Joko Widodo direncanakan akan meresmikan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) pada 21 Maret 2023. Pembangunan gedung yang diinisiasi kelompok Papua Muda Inspiratif (PMI) tersebut diyakini akan menjadi simbol pembangunan SDM di Papua.

Sekretaris PMI, Vitha Faidiban mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala Badan Inteljen Negara (BIN), Budi Gunawan karena telah membantu berbagai kegiatan PMI.
 
"Saya mewakili PMI mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan Kepala BIN Pak Budi Gunawan. Ini gedung sangat luar biasa dan membantu kami anak muda Papua untuk berkreasi, berinovasi," kata Vitha Faidiban.

Gedung PYCH merupakan tempat bagi para pemuda Papua untuk menyalurkan bakatnya. Tak hanya di bidang seni, mereka juga dilatih agar menjadi pengusaha muda yang mandiri.
 
Tidak hanya itu, gedung itu nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan oleh PMI untuk menjalankan program kerjanya untuk kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat.
 
Dengan program ini, diharapkan orang asli Papua (OAP) memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dan berkualitas tinggi. Gedung PYCH juga diharapkan dapat membantu generasi muda Papua dalam membuat karya-karya dan melakukan segala hal yang bisa dilakukan untuk kebaikan masyarakat tanah Papua.
 
Keberadaan Gedung PYCH juga tidak terlepas peran BIN dibawah kepemimpinan Budi Gunawan. BIN juga memberikan pembinaan kepada PMI dalam menjalankan programnya dan membantu meningkatkan kreatifitas dan inovasi bagi masyarakat Papua.
 
Dalam hal ini, BIN terjun langsung dan ikut merangkul anak muda yang tergabung dalam PMI untuk membina usaha budidaya jagung serta peternakan sapi di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.
 
Untuk budidaya jagung, PMI sedang membuka lahan seluas 400 hektar di Distrik Bombray, Fakfak, memanfaatkan lahan tidur agar produktif.
 
"Saat ini dengan target pembukaan lahan sekitar 400 hektar itu, akan terserap lebih dari 200 tenaga kerja. Kedepan bila terus berkembang akan bisa terserap ribuan orang," kata Koordinator PMI Kabupaten Fakfak, Abdul Wahab Iha.
 
Sementara itu, Koordinator PMI Kebar Timur, Daud Amnan mengatakan, komunitas muda yang tergabung dalam PMI juga ikut memberdayakan sekitar 120 orang warga yang berasal dari sejumlah suku yang ada di Papua Barat untuk bekerja di lahan jagung yang terletak di Kampung Sitori, Distrik Kebar Timur, Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat.
 
“Saya terlibat di lapangan, sampai saat ini kita akomodir setiap kepala suku yang ada di wilayah ini untuk melakukan perkerjaan, baik pemuda dan orang tua. 120 orang sudah bekerja," ujar Daud.
 
Kedepan, BIN akan terus membina PMI dalam mengembangkan kreatifitas dan inovasi serta memberdayakan masyarakat Papua untuk kesejahteraan Bumi Cendrawasih tersebut.
 
Keberadaan Gedung PYCH dan PMI merupakan salah satu strategi pemerintah melalui BIN untuk memajukan Papua. Diharapkan Papua akan semakin sejahtera, karena sentra-sentra perekonomian rakyat akan banyak tumbuh di Bumi Cendrawasih. [*]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda