Dukungan Penuh PB ESI Cetak Atlet Esports Kelas Dunia - BERITA JOGJA

Rabu, 14 Desember 2022

Dukungan Penuh PB ESI Cetak Atlet Esports Kelas Dunia

Oleh : Muhammad Akbar )*

Dukungan penuh Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) untuk memajukan Esport Indonesia mendapat apresiasi dari banyak pihak. Tidak hanya sukses mencetak atlet berprestasi, dukungan PB ESI dibawah kepemimpinan Jenderal Polisi (P) Budi Gunawan kini mampu membawa esport tanah air berjaya di kancah dunia.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa memang sejauh ini esports di Tanah Air telah mengalami perkembangan yang sangatlah pesat jika dibandingkan dengan beberapa waktu sebelumnya, utamanya perkembangan tersebut sangat terjadi tatkala PB ESI di era kepemimpinan Jend Pol (Purn) Budi Gunawan telah resmi dilantik dan membawahi langsung olahraga elektronik tersebut.

Tentunya, seluruh pihak juga sudah menyadari betapa peran penting yang dimiliki oleh semua jajaran PB ESI tatkala terus memajukan esports di Indonesia. Bahkan, Vlad Marinescu menegaskan bahwa asosiasi yang dipimpin Budi Gunawan itu layak menjadi percontohan bagi negara-negara lain terkait bagaimana idealnya sebuah asosiasi atau federasi olahraga esports.

Sejauh ini, di bawah naungan PB ESI memang ekosistem esports Tanah Air telah tertata dengan sangat baik, bahkan bukan hanya beberapa elemennya saja yang mengalami perkembangan, melainkan bisa dikatakan seluruh elemen mampu bangkit secara bersama-sama. Pasalnya pola yang dimiliki oleh PB ESI sendiri juga terus senantiasa menggandeng banyak stakeholder untuk menyatukan kekuatan secara bersama-sama demi tujuan bersama.

Maka tak heran, Presiden IESF terseut memberikan banyak sekali apresiasi kepada seluruh atlet esports Tanah Air yang menurutnya telah bekerja dengan sangat sesuai dan juga proporsional. Selain itu, bahkan dirinya sangat penuh akan optimisme bahwa esports Indonesia bisa menjadi barometer esports dunia.

Sementara itu, Ketua Umum PB ESI, Budi Gunawan menyatakan bahwa dirinya sangat merasa bangga sekaligus terharu akan seluruh prestasi yang telah berhasil dicetak oleh Timnas Indonesia dalam gelaran kejuaraan dunia esports outdoor terbesar, Indonesia Esports Summit: Bali 14Th World Esports Championships 2022.

Bukan tanpa alasan, pasalnya memang sejauh perhelatan IESF Bali 14Th WEC 2022 tersebut, penampilan yang diberikan oleh semua jajaran Timnas esports Indonesia dari perwakilan setiap permainan, menyuguhkan performa yang sungguh sangat luar biasa hingga beberapa diantaranya mampu secara resmi menjadi juara dunia dengan mengalahkan perwakilan-perwakilan kuat dari negara lain di dunia.

Dengan segala keberhasilan yang mampu dicatatkan oleh seluruh atlet esports Tanah Air tersebut, menurut Budi Gunawan bahwa mereka memang mampu memanfaatkan dengan sebaik mungkin segala bentuk ekosistem esports yang selama ini sudah dibangun oleh pihak PB ESI dengan sikap profesionalitas yang amat tinggi.

Bukan hanya itu, namun dirinya juga menambahkan bahwa tentunya segala prestasi yang mampu ditorehkan oleh seluruh atlet esports Indonesia ini sama sekali tidak bisa dilepaskan dari bagaimana hasil kerja keras dan latihan keras yang selama ini mereka lakukan. Termasuk juga bagaimana tekad hingga komitmen kuat mereka untuk bisa benar-benar memberikan yang terbaik untuk mengharumkan nama bangsa di kancah dunia.

Pada kesempatan yang sama, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut mengungkapkan misi besar PB ESI yakni bisa terus mendorong ekosistem esports Indonesia untuk memimpin dan menjadi barometer olahraga elektronik di Asia. Target untuk menjadi barometer Asia ini bahkan dikemukakan olehnya hanyalah menjadi target minimal, karena memang target jangka panjangnya adalah menjadi barometer esports dunia.

Lebih lanjut, Budi Gunawan menjelaskan bagaimana komitmen kuat yang dimliki oleh seluruh jajaran PB ESI terkait ekosistem esports Indonesia. Menurutnya PB ESI pasti akan memastikan perkembangan esports bangsa ini terus terjadi, selain itu, lantaran memang olahraga elektronik tersebut sejatinya mendatangkan banyak sekali manfaat untuk generasi muda. Selanjutnya, esports juga mampu mendukung pertumbuhan potensi ekonomi, sosial hingga budaya.

Beberapa manfaat esports untuk generasi muda menurutnya adalah bukan hanya berguna untuk permainan semata, melainkan dengan esports, Bangsa ini mampu mencetak banyak sekali generasi muda yang unggul secara SDM.

Dengan segala keberhasilan yang secara konkret dicapai tersebut, maka tidak heran apresiasi sangat besar patut diberikan kepada PB ESI dan seluruh jajarannya, utamanya adalah kepada Ketum PB ESI, Budi Gunawan karena beliau berhasil memimpin asosiasi olehraga elektronik itu untuk memajukan ekosistem esports Tanah Air hingga menembus kancah dunia.

)* Penulis adalah kontributor Persada Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda